Upaya Pindo Deli Raih Proper Emas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Upaya Pindo Deli Raih Proper Emas

Upaya Pindo Deli Raih Proper Emas

Written By Mang Raka on Selasa, 01 November 2016 | 16.00.00

UNTUK mendapatkan penilaian proper emas, PT Pindo Deli Pulp & Paper Mills membuat terobosan baru. Anak perusahaan Sinar Mas grup ini bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), untuk mengetahui berbagai hal yang diinginkan masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik kertas tersebut.

Ketua LPPM Unsika Karawang Nelly Martini,SE,MM mengatakan, berdasarkan hasil riset LPPM Unsika, keinginan masyarakat di sekitar tiga pabrik Pindo Deli. Mulai dari  Pindo Deli 1(satu)  yang berlokasi di Kelurahan Adiarsa Timur, Pindo Deli 2(dua) di Desa Kutamekar Kecamatan Ciampel dan Pindo Deli 3 (tiga) di Desa Tamanmekar Kecamatan Pangkalan, berbeda-beda. Meski berbeda, secara umum mereka membutuhkan empat hal penting. Yakni air bersih, pendidikan, ekonomi dan kesehatan."Hasil survey diharapkan bisa membantu mensinergikan kebutuhan masyarakat di sekitar pabrik," kata Nelly kepada wartawan di lantai II Gedung Opon Sopandi,  Unsika Karawang, Senin (31/10).
Nelly menambahkan,  untuk mengetahui harapan masyarakat tersebut, LPPM Unsika telah   menggelar survey  di sekitar ketiga  pabrik tersebut. Lebih dari 10 bulan ihaknya melakukan observasi, survey dan riset dengan  melibatkan sekitar 100  mahasiswa untuk  mensurvey 1000 orang masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik penghasil kertas itu. "Hasilnya akan keluar dua bulan lagi," tambah Nelly.
Ditempat  yang sama, anggota tim survey LPPM Unsika Dori Lukman Hakim mengatakan,  manajemen  Pindo juga  harus   lebih memperhatikan lingkungan. Pasalnya, masyarakat yang berada di sekitar pabrik tersebut masih mengeluhkan  limbah yang dihasilkan baik limbah padat maupun cair termasuk kebisingan dan polusi udara. Sehingga  perusahaan tersebut  harus lebih fokus memperhatikan kesehatan lingkungan. "Terutama soal limbah mereka yang mempengaruhi kualitas air dan udara di sekitar pabrik," timpal  Dori
Humas  Pindo Deli, Andar Tarihoran mengatakan, hasil riset LPPM Unsika akan dituangkan menjadi rencana strategis. "Karena LPPM Unsika merupakan lembaga yang independen dan representatif mewakili harapan masyarakat.  "Sehingga penyaluran CSR ke depan akan lebih tepat sasaran," kata Andar
Andar berharap, lewat riset LPPM Unsika pihaknya  bisa terus membenahi diri menjadi perusahaan yang lebih baik. "Karena kami sedang berupaya meraih sertifikat lebih tinggi," kata dia.
Andar menuturkan, perusahaan itu telah mendapatkan pengakuan dunia internasional dengan meraih sertifikat ISO 9002 yang diperoleh pada 12 Juli 1996 karena telah memenuhi Quality Management Systems yang bertaraf internasional. Selain itu, ISO 14001 juga diperoleh pada 14 Oktober 2000 atas komitmennya terhadap lingkungan. Kedua sertifikat ISO itu diberikan oleh SGS-ICS, UK. Saat ini PT Pindo Deli sedang berusaha meraih sertifikat 14002. "Kami sedang menuju hal itu," ungkap Andar.(ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template