Undang Investor Garap Waduk Walahar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Undang Investor Garap Waduk Walahar

Undang Investor Garap Waduk Walahar

Written By Mang Raka on Selasa, 15 November 2016 | 15.00.00

KLARI, RAKA - Potensi wisata di setiap wilayah di Kabupaten Karawang rupanya kian tinggi untuk dapat menjadi pemasukan daerah saat ini. Selain itu, tidak sedikit potensi wisata tersebut yang masih belum terorganisasi dengan efektif.

Seperti halnya keberadaan wisata di dua wilayah Kecamatan di Dapil VI (enam), yakni waduk Walahar di Kecamatan Klari dan Situ Cipule di Kecamaatan ciampel. Untuk wisata-wisata ini kedepannya akan dilakukan kerjasama meningkatkan aset wisata di wilayah tersebut. "Kalau untuk walahar kami sudah lakukan MOU kerjasama dengan PJT II, karena melihat bendungan walahar ini banyak pengunjungnya," ucap Kasie Pengembangan Objek Pariwisata Dadan Hendrayana. SE,MM, Senin (14/11).
Dadan melanjutkan, banyaknya potensi wisata disetiap desa yang berada di seluruh wilayah. Hal tersebut agar dapat terorganisir jumlah wilayah yang memang mampu menjadi magnet wisata. Hal tersebut di tahun 2017 mendatang, akan dilakukan penyisiran wilayah agar nantinya dapat menjadi upaya dalam pelestarian lokal wisata di wilayah Kabupaten Karawang. "Nanti jika memang wilayah yang berpotensi tersebut belum legal, maka kami akan mencoba melegalkannya dengan bekerjasama ke berbagai pihak yang bersangkutan seperti walahar dan situ Cipule misalnya," ucapnya.
Ketika Radar Karawang mencoba mengarahkan dirinya untuk dapat menjadikan dua lokasi dimana selama ini cukup berpotensi besar menjadi aset wisata Kabupaten Karawang. Hal itu pun dibenarkannya, bawasanya kedua wilayah tersebut merupakan aset wisata yang berada di Kecamatan Ciampel dan Kecamatan Klari, memang sangat berpeluang besar menjadi salah satu wisata yang ada diwilayah Kabupaten Karawang. "Nanti setiap wilayah yang memang potensi untuk dijadikan wisata dimana kebanyakan itu berada di pedesaan, kami akan sisir semua wilayahnya agar bisa dilestarikan," ucapnya.
Disamping itu, Ketika Radar Karawang menemui Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Dan UMKM Kabupaten Karawang, Anwar Musadad.SE.MM mengatakan, di wilayah Kabupaten Karawang tidak hanya dianugrahi banyaknya wilayah yang berpotensi dijadikan wisata untuk diwilayah pedesaaan. Namun, hal itu mengundang banyaknya para usaha kelompok yang terdapat disetiap wilayahnya. "Kami siap untuk bersanding nantinya, karena dari kami siap mendorong para usaha kelompok selain nanti mereka di centrakan dalam marketnya, dibentuk koperasi mikro dilakukan agar selain wisatanya dapat berjalan, keberadaan para pengrajin bisa berjalan bersamaan nantinya," ucapnya.
Anwar berharap, agar nantinya dengan adanya penyisiran seluruh titik wisata yang terdapat diberbagai wilayah tersebut. Upaya peningkatan pendapatan ekonomi mikro pun, mesti dilakukan dengan pemanfaatan para pelaku usaha kerajinan. "Jadi seperti diwalahar dan situ cipule, biar nanti lebih indah lokasi wisatanya. maka keterlibatan pengrajin di wilayah itu yang sudah terbentuk menjadi koperasi diberikan ruang untuk pengembangan," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template