UN Dihapus, Kualitas Siswa Bisa Merosot - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » UN Dihapus, Kualitas Siswa Bisa Merosot

UN Dihapus, Kualitas Siswa Bisa Merosot

Written By Mang Raka on Selasa, 29 November 2016 | 17.55.00

JATISARI, RAKA - Rencana pemerintah menghapus Ujian Nasional (UN), ternyata membuat resah. Kepala UPTD Paud/SD Jatisari, AT Sukarsa merasa khawatir jika pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dihapus, kualitas peserta didik akan menurun.
"Ada UN saja banyak siswa yang malas. Apalagi gak ada UN. Akan semakin benyak siswa yang malasnya," ujar H AT Sukarsa kepada Radar Karawang, Senin (28/11).
Meski demikian, saat ini para civitas pendidikan masih menunggu bagaimana finalnya terkait UN. Pasalnya, apapun kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, itu harus dijalankan oleh semua pihak. "Tapi kami masih menunggu bagaimana finalnya yah. Karena itukan baru diwacanakan. Belum ada aturan secara resminya," ujarnya.
Ia melanjutkan, para civitas pendidikan harus eksta keras meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Terutama para dewan guru, karena program-program yang diluncurkan oleh pemerintah pusat harus diikuti secara cepat, agar program tersebut bisa terealisasi sampai tingkatan bawah. "Tetapi pada prinsipnya, sebagai UPTD akan menjalankan sebaik mungkin program pemerintah," ujarnya.
Sementara Kepala UPTD PAUD/SD Kotabaru, Anang Sutarman mengatakan, kalau melihat wacana yang tersebar, penghapusan UN itu bukan berarti evaluasi hasil belajar itu dihapus. Tetapi nanti tidak ada pengawalan soal secara nasional ke daerah-daerah. "Evaluasi itu tetap penting. Makanya ujian itu tetap dilakukan. Tetapi kewenangannya nanti di daerah-daerah," ujarnya.
Wacana tersebut, kata Anang, juga ditunjukan untuk SMP dan SMA sederajat. Sedangkan untuk SD masih diwacanakan sama seperti tahun lalu."Sebenarnyakan hanya persoalan standar nasionalnya saja. Bahkan kalau SD juga dikembalikan ke sekolah, itu tetap lebih bagus," ujarnya.(zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template