Tingkatkan Minat Baca Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tingkatkan Minat Baca Siswa

Tingkatkan Minat Baca Siswa

Written By Mang Raka on Jumat, 04 November 2016 | 12.00.00

- SMP Islam Karawang Sediakan Doorprize


KARAWANG, RAKA - Dalam mewujudkan program pemerintah untuk gemar membaca, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Karawang mewajibkan siswa untuk membaca sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung. Tak hanya itu, sekolah juga akan menyediakan doorprize bagi siswa yang rajin membaca.
Kepala SMP Islam Karawang, Drs Mulyana M.Pd mengatakan, program tersebut memang sudah diperintahkan oleh pemerintah pusat dalam mewujudkan siswa yang gemar membaca. Namun, selain itu akan ada program tambahan dari sekolah sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa yaitu memfasilitasi semua buku yang ada di sekolah, lalu memberikan hadiah kepada setiap siswa yang menjalakan program tersebut. "Supaya anak lebih semangat lagi, rencananya kita juga akan kasih hadiah buat mereka, mungkin untuk hadiah belum berjalan tapi itu masih rencana," katanya.
Dia menjelaskan, kegiatan membaca buku tersebut selalu dilakukan rutin 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dengan memberikan ruangan bebas bagi mereka untuk membaca siswa juga bisa mendalami buku yang dibacanya bersama teman bahkan gurunya. Sehingga ada pembelajaran tentang pemahaman yang mereka miliki. "Setelah mereka membaca dan mengetahui itu bisa menjadi referensi bagi mereka dalam berdiskusi, kalau untuk buku bacaan itu bebas buku apa saja yang penting baik buat mereka," ungkapnya.
Tak hanya itu, bahkan kegiatan rutin lainnya yang sering dilakukan seperti pembiasaan membaca Al Quran juga menjadi program sekolah dalam mewujudkan siswa yang berakhlak karimah. "Kita juga terapkan pembiasaan baca ayat suci Al Quran, agar mereka terbiasa ketika sering dilakukan di sekolah juga dilakukan di rumah maupun lingkungan sekitar, dan menjadi contoh teladan bagi masyarakat," tuturnya.
Sementara salah satu siswi, Evi Sopiah, mengaku bahwa selain menjalankan program pemerintah bagi siswi yang memiliki wajah cantik ini juga menyampaikan bahwa membaca merupakan hobi baginya. Maka tak heran jika ia sudah terbiasa dengan kegiatan tersebut. "Emang udah hobi aja, soalnya suka banget baca buku, bisa menambah wawasan pengetahuan juga, karena buku adalah jendela dunia," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template