Telarsari Rawan Pergeseran Tanah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Telarsari Rawan Pergeseran Tanah

Telarsari Rawan Pergeseran Tanah

Written By Mang Raka on Selasa, 15 November 2016 | 14.30.00

-Saluran Tersier 300 Meter Diturap

JATISARI, RAKA - Menghindari pergeseran tanah sawah dan mempermudah akses pertanian di Dusun Telar, Desa Telarsari, Kecamatan Jatisari, Pemerintah Desa Telarsari melakukan penurapan sepanjang 300 meter melalui anggaran dana desa.
Kepala Desa Telarsari, Falahudin S.Ag, mengatakan penurapan areal tanah pesawahan tersebut permintaan para petani, agar mempermudah pendistribusian benih, pupuk sampai hasil tani. "Penurapan untuk menanggulangi pergeseran tanah sawah akibat intensitas curah hujan yang tinggi," ujar Falah saat meninjau pembangunan turap, Senin (14/11).
Dia juga menjelaskan, setiap tahun dilakukan penurapan di berbagai titik areal pesawahan. Selain itu, saluran tersier perlu mendapat perhatian serius agar pasokan air ke areal pesawahan lancar, tidak terganggu akibat kurangnya sarana dan prasarana pertanian.
"Sarana pengairan dan akses jalan kepentingan para petani sangat diperhatikan. Agar para petani terus semangat berproduksi menanam padi," ujarnya.
Menurutnya anggaran yang masuk ke pemerintah desa harus dialokasikan untuk kesejahteraan warga kecil. Terutama para petani. Sedangkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana pertanian, tidak akan optimal jika hanya mengandalkan anggaran pemerintah desa. "Tidak akan mencukupi kalau hanya mengandalkan dari pemerintah desa. Perlu dukungan dari pemerintah daerah," ujarnya.
Kepala UPTD Pertanian Jatisari,  Ir Targono berjanji akan memperjuangkan kebutuhan sarana dan prasarana pendukung pertanian di Kecamatan Jatisari. "Yang saya tahu sudah beberapa titik pengerjaan penurapan di areal pertanian di Desa Telarsari. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada pemdes, yang telah memperhatikan kepentingan pertanian di Desa Telarsari," ujarnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template