Tanah Kosong Jadi Tempat Pembuangan Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tanah Kosong Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Tanah Kosong Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Written By Mang Raka on Kamis, 03 November 2016 | 14.30.00

PURWASARI, RAKA- Kedisplinan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masih minim. Hal ini bisa dilihat dari masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan, salah satunya di Jalan Raya Purwasari - Cikampek. Tanah kosong yang ada di pinggir jalan, sering dijadikan tempat pembuangan sampah.
Salah seorang warga Purwasari, Acim (34) menuturkan, masyarakat harus bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, apalagi saat ini memasuki musim hujan. Bukan tidak mungkin, banyaknya sampah tersebut bisa menimbulkan masalah lain seperti penyakit dan banjir. "Saya melihat banyak orang yang membuang sampah disini, sambil lewat bawa kantong sampah lalu di buang. Padahal ini jalanan umum, yang setiap hari dilewati banyak orang. Harusnya, kebersihannya dijaga dengan baik," katanya, pada Radar Karawang, Rabu (2/11) kemarin.
Diteruskan dia, kedisiplinan dalam menjaga kebersihan harus ditingkatkan. Agar tak ada lagi sumber masalah yang dapat ditimbulkan karena sampah. Oleh karena itu, dia mengajakan pada semua pihak untuk tak membuang sampah sembarangan. "Intinya semua pihak harus lebih meningkatkan lagi kedisiplinan dalam membuang sampah, tidak sembarang dan buang sampah pada tempatnya," ungkapnya.
Warga lainnya, Fadil (35) juga memiliki keprihatinan yang sama. Menurutnya, banyak lahan-lahan kosong di pinggir jalan yang dijadikan tempat pembuangan sampah. Padahal, semestinya itu tidak dilakukan. "Kumuh juga akhirnya kesannya, banyak sampah di pinggir jalan. Apalagi di jalur ini perbatasan Purwasari sama Cikampek sering banjir," paparnya.
Meski begitu, dia juga meminta pada pemerintah untuk meningkatkan jumlah tempat pembuangan sampah. Minimal, dipinggir jalan ada tempat sampah yang bisa diangkut setiap saat oleh petugas kebersihan lalu dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir. Bukan tidak mungkin, banyaknya sampah di pinggir jalan karena warga kesulitan untuk membuang sampah pada tempatnya. "Fasilitas kebersihan juga harus ditingkatkan. Dipinggir jalan saya kira bisa dipasang tong sampah atau tempat sampah lainnya, jadi warga buangnya ke tempat sampah itu, tidak sembarangan di mana saja," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template