Surat Keterangan Bukan Pengganti KTP - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Surat Keterangan Bukan Pengganti KTP

Surat Keterangan Bukan Pengganti KTP

Written By Mang Raka on Rabu, 30 November 2016 | 15.00.00

*2017 Pengadaan Blanko KTP

KARAWANG, RAKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) melayani pembuatan KTP elektronik, namun belum secara fisik, melainkan Surat Keterangan sebagai pengganti KTP tersebut yang menerangkan warga bersangkutan sudah melakukan perekamanan KTP elekronik.

Kepala Bidang kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Lilis Jayantisna M.Pd, mengatakan itu, Selasa (29/11). Pernyataan tersebut terkait beredarnya Surat Keterangan sebagai pengganti KTP elektronik yang dikeluarkan Kementrian Dalam Negeri Direktur Jendral Kependudukan dan catatan sipil, ternyata tidak sama sekali dipahami sebagian besar masyarakat khususnya di kabupaten Karawang.
"Masyarakat Karawang banyak yang masih memproses kartu tanda penduduknya, mengeluhkan dengan apa yang menjadi harapan setelah pergi ke Disdukcapil namun tidak memberikan hasil optimal, karena menginginkan agar KTP elektronik bisa langsung didapatkan," katanya.
Padahal menurut dia tidak seperti itu. Terlebih saat ini blanko KTP elektronik dari Pusat telah habis. "Sesuai dengan surat Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI bahwa per tanggal 1 Oktober 2016 Blangko KTP-el di Pusat telah habis, dan di perkirakan Blangko KTP-el akan tersedia lagi di Pusat pada Bulan November 2016 setelah Revisi Anggaran DIPA Dirjen Dukcapil Tahun 2016 mendapatkan persetujuan dari Menteri keuangan," tandas Lilis.
Kendati demikian Lilis menambahkan ada kemungkinan pengadaan blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik itu akan dilakukan tahun depan. Untuk itu, Lilis pun menghimbau bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih jelasnya mengenai pengadaan KTP elektronik ini, dia menyarankan agar masyarakat langsung datang ke Disdukcatpil.
"Sudah banyak di informasikannnya kepada masyarakat hususnya di kabupaten Karawang jika hendak melakukan penggantian KTP elektronik diharapkan untuk langsung datang ke capil agar apa yang menjadi kendala dalam pembuatan KTP elektronik dan akte kelahiran bisa langsung mengetahuinya," tambahnya.
Lilis juga menambahkan dinasnya akan melayani apa yang menjadi keperluan masyarakat dan juga tidak ada hal apapun yang nantinya akan mempersulitkan seperti aksi calo dan lainnya. "Kami siap melayani masyarakat, uruslah sendiri dokumen kependudukan dan jangan melalui calo," tegas Lilis. (mg2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template