SMPN 2 Majalaya Mendata Siswa Tidak Disiplin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 2 Majalaya Mendata Siswa Tidak Disiplin

SMPN 2 Majalaya Mendata Siswa Tidak Disiplin

Written By Mang Raka on Jumat, 25 November 2016 | 12.30.00

MAJALAYA, RAKA – Berbagai upaya dalam meningkatkan kedisiplinan serta kualiatas siswa di sekolah SMPN 2 Majalaya terus digencarkan. Selain dari keaktifan dengan mengikuti berbagai ekstrakulikuler, baca buku setiap hari, hingga mulai pendataan siswa dalam kedisiplinan dilakukannya. Hal tersebut bertujuan dalam mencapai siswa yang berkualitas dan berkarakter.

“Jadi, biar siswa disini disiplin, kita selaku pihak sekolah mesti tegas, namun ketegasan yang dilakukan harus berdampak positif. Seperti siswa setiap pagi, yang telat masuk, kita data, nanti kita bina mereka, untuk bisa kedepannya ada perubahan. Mulai dari membersihkan kelasnya usai jam pulang sekolah, seperti piket kelas,” terang Kepala Sekolah SMPN 2 Majalaya, Obar Subarja, saat diruangannya, kepada Radar Karawang.
Menurutnya, dengan adanya penanaman kedisiplinan yang dilakukan pihak sekolah, hal tersebut diharapkan dapat menjadi upaya mencetak generasi muda yang berkarakter disiplin dan memiliki kualitas yang tinggi. “Seperti upacara, kami tidak bosan-bosannya ingatkan para siswa yang masih suka melawan aturan, kami data mereka, dan berikan konsekuensi. Karena setiap aturan itu pasti ada sangsi, itu bertujuan biar mereka dapat disiplin,” katanya.
Sejatinya pendidikan, lanjut dia, tidak hanya mampu menjadikan siswa yang sedang berproses belajar, cerdas akan intelektualnya saja. Namun, prilaku serta sikap yang mesti ditunjukan sebagai pelajar mesti dilakukan. Hal tersebut dikarenakan, peranan dunia pendidikan merupakan bagaimana dapat mampu menjadi wahana pembentukan sikap serta kualitas para pelajarnya. “Beban moral kami sebagai pengajar, karena tidak hanya dituntut untuk bisa mencerdaskan generasi muda. Tapi, kami mesti mampu menjadikan akhlaknya jauh lebih baik,” paparnya.
Sehingga, dia menambahkan, keberadaan ekskul yang nantinya menjadi wadah pembelajaran siswa dalam pengembangan diri, serta program interasih yang selama ini sudah berjalan sangat efektif, mampu menjadikan upaya mencetak para siswa yang berkualitas disekolahnya. “Makanya di sekolah kami ada 16 ekskul,itu semata mata bertujuan agar para siswa disini, ketika pulang sekolah bisa beraktifitas yang lebih positif, ketimbang mesti keluyuran diluar,” ujarnya.
Siswi Kelas Sembilan (9) F, Devina Delta Maharani Merupakan ketua Regu Eskul Pramuka SMPN 2 Majalaya mengatakan, untuk dapat meminimalisir siswa yang terus melanggar aturan sekolah. Hal ini dilakukan dengan pendataan siswa. “Kami data mereka untuk setiap minggunya menjadi pelaporan. Agar pihak sekolah bisa ada acuan, dan tahu jumlah siswa yang masih suka melanggar aturan sekolah, sehingga seminggu sekali nantinya siswa tersebut dikumpulkan dan diberikan arahan dari pihak sekolah nantinya, agar mereka bisa lebih baik dalam kedisiplinannya,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template