SMA/SMK Negeri Banyusari Dibangun 2017 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMA/SMK Negeri Banyusari Dibangun 2017

SMA/SMK Negeri Banyusari Dibangun 2017

Written By Mang Raka on Senin, 28 November 2016 | 17.39.00

-Nandang:  Tidak Menggunakan Dana Alokasi Khusus

BANYUSARI, RAKA - Peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Banyusari yang saat ini masih nebeng di SMAN dan SMKN Jatisari, dalam waktu dekat ini memiliki bangunan sendiri. Pasalnya, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, Nandang Mulyana, berjanji SMAN dan SMKN Banyusari dibangun tahun 2017.
"Tahun depan SMAN 1 Banyusari, kita usahakan sudah pindah di tempat yang baru. Kita ada kerjasama dengan pemerintah pusat dan pemda. Begitu juga dengan SMKN 1 Banyusari," ujar Nandang saat menghadiri acara GenRe di SMAN 1 Jatisari, Sabtu (26/11).
Ia melanjutkan, pemerintah daerah melalui Disdikpora terus mendorong untuk peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Karawang. Diantaranya dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan. "Kami sudah ajukan (pembangunan SMAN/SMKN Banyusari) ke pemerintah pusat. Kalau dipersentasikan sekitar 60 persen angka keberhasilannya," terang Nandang.
Untuk mempercepat pengadaan tanah maupun bangunan sekolah tersebut, pihaknya terus melakukan komunikasi dan kordinasi dengan Kementerian Pendidikan maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Karena ada anggaran yang dialokasikan dari pemerintah pusat. Ada juga yang oleh pemerintah provinsi. Kalau untuk pemda (Karawang) sudah pasti, terutama untuk pembebasan lahannya," jelasnya.
Dia mengakui proses pembebasan tanah dan pembangunan sekolah-sekolah, yang saat ini masih nebeng di sekolah lain cukup lamban. Pasalnya, ada beberapa faktor penghambat, seperti peralihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari pemda ke pemprov. "Kemudian di tahun ini tidak ada DAK (dana alokasi khusus) untuk SMA dan SMK," ujarnya.
Sementara tahun depan, tambah Nandang, berdasarkan komunikasi dengan pihak Kementerian Pendidikan, DAK untuk SMA dan SMK akan kembali diadakan. "Tapi kalau untuk SMA dan SMK Banyusari, kami dorong anggaran dari Kementerian Pendidikan diluar DAK, tapi (anggaran) program," ucapnya.
Selain SMA dan SMK Banyusari, kata Nandang, sekolah-sekolah yang masih melakuan kegiatan belajar mengajar di sekolah lain, ada tujuh sekolah. "Ada 9 sekolah untuk SMA dan SMK yang belum punya bangunan sendiri. Ini PR buat kami," ujarnya.
Sementara tokoh pemuda Banyusari, Rahmat Hidayat (30), masih belum yakin dengan janji yang diucapkan oleh pemerintah daerah. Pasalnya dari tahun ke tahun selalu disampaikan tahun depan SMA/SMK Banyusari punya bangunan sendiri, tapi sampai saat ini tidak pernah terealisasi. "Untuk tanahnya saja belum ada. Gimana kami bisa yakin tahun 2017 bisa terealisasi. Tapi mudah-mudahan janji itu bisa direalisasikan," ujarnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template