SMAN 1 Tempuran Juara Favorit Jumbara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMAN 1 Tempuran Juara Favorit Jumbara

SMAN 1 Tempuran Juara Favorit Jumbara

Written By Mang Raka on Kamis, 10 November 2016 | 13.00.00

TEMPURAN, RAKA - Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja yang diselenggarakan PMI Kabupaten Karawang sudah dilakukan sepekan terakhir. Para siswa ekstrakulikuler PMR SMAN 1 Tempuran berhasil menyandang juara favorit setelah memborong beberapa tropi.
Sekretaris Eskul PMR SMAN 1 Tempuran, Mita Wulandari mengatakan, dari sekitar 40 anggota PMR, 35 diantaranya ikuti pertandingan lomba Jumbara yang diselenggarakan PMI. Walhasil, setelah memboyong piala untuk 5 kategori, bisa dikatakan sebagai juara favorit. Karena, kategori andalan selama jumbara, dilaksanakan dengan optimal seperti Bongkar Pasang Tenda (BPT), penyuluhan hingga dapur umum.
Sebab, selama bergelut di eskul PMR lanjut siswi asal Desa Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon ini, pihaknya terus dilatih rutin setiap minggu. Termasuk jelang pemberangkatan jumbara sekalipun.
Kedepan sambungnya, PMR dari SMAN 1 Tempuran ini siap-siap bertanding dalam kategori Penanggulangan Perawatan Gawat Darurat (PPGD) tingkat Purwakarta, Subang, Karawang dan Bekasi (Purwakasi) di STIKES Kharisma. "Alhamdulillah dari 35 orang anggota yang bertanding di Jumbara, kita cukup banyak koleksi piala dan bisa dikatakan juara favorit," klaim Mita sambil didampingi Ketua Eskul PMR SMAN 1 Tempuran Trisno Anggoro.
Sementara itu, Ketua OSIS SMAN 1 Tempuran, Muhammad Mauli Al Hakim menuturkan, ekstrakulikuler PMR ini cukup membanggakan bagi almamater sekolah, karena sudah berrestasi di tingkat Jumbara Kabupaten. Ini sebut Mauli, bisa menjadi model percontohan bagi ekstrakulikuler lain untuk berpacu meningkatkan prestasi lainnya, karena ia menilai, sejumlah eskul andalan yang bisa meraup prestasi serupa juga banyak, seperti Paskibra, Pramuka, Voli dan Sepakbola. Karenanya, mendorong agar semua eskul bisa berprestasi, OSIS sebut Mauli, selalu memprogramkan penguatan motivasi di masing-masing eskul, dimana bergabungnya siswa di ekstrakulikuler bukan sebatas wadah menyalurkan bakat dan hobi saja, tapi diingatkan agar senantiasa memiliki mental-mental kompetitor dan memanfaatkan setia momen perlombaan untuk lebih berprestasi lebih. "Kita kuatkan motivasi ke semua eskul, karena eskul bukan sebatas wadah, tapi wahana melatih mental yang kompetitif," kata dia.
Pembina Eskul PMR SMAN 1 Tempuran, Sunarto S.pd mengungkapkan, kontingan dari Tempuran ini bisa dikatakan sebagai juara favorit, meskipun tidak secara eksplisit dipublikasi di sela-sela Jumbara PMI. Kebanggaan muncul bukan saja karena anak didiknya berhasil memboyong sejumlah kategori juara di tingkat Wira, tetapi
Jumlah peserta jumbara yang mencapai 3 ribu orang di berbagai tingkatan, turut banjir pujian selama penyelenggaraan. Karena peserta Jumbara PMI Karawang, disebut-sebut terbesar di Jawa Barat.
Sehingga, PMR ini memiliki potensi luas pengembangan ekstrakulikuler favorit di lembaga-lembaga pendidikan. Apalagi, sejak pelaksanaan Jumbara pertama kali di tahun 2008 di Karawang, pihaknya sudah meraih juara 6 kategori. Ini tentu saja sangat memotivasi eskul-eskul lainnya di SMAN 1 Tempuran. "Kita ikut pertama kali jumbara sejak 2008, alhamdulillah selalu pulang dengan memboyong piala berbagai kategori," ungkap Sunarto yang juga meraih predikat Pembina terbaik PMR Karawang 2016 ini.
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Karawang, Hj Elly Amalia Priyatna mengungkapkan apresiasi kepada para peraih kategori Jumbara dua pekan terakhir. September kemarin, Jumbara tingkat nasional sudah digelar di Sulawesi Tengah (Sulteng), di Karawang sendiri ada peserta yang lulus seleksi dari SMP untuk ikuti Jumnas yang diselenggarakan 4 tahun sekali tersebut. Sementara Jumbara Daerah Provinsi Jawa Barat, jedanya 2 tahun sekali. "Kita apresiasi peraih kategori di Jumbara kabupaten, semoga saja terus meningkatkan mental soliditas dan sosial di lingkungannya masing-masing," kata dia. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template