Siswa SMK Sehati Karawang Ikuti Pelatihan Jurnalistik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Siswa SMK Sehati Karawang Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Siswa SMK Sehati Karawang Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Written By Mang Raka on Senin, 07 November 2016 | 16.00.00

KLARI, RAKA – Guna membangun budaya menulis di kalangan sekolah, siswa SMK Sehati Karawang mengikuti pelatihan jurnalistik di lingkungan sekolahnya, Sabtu (6/11). Harian Umum Radar sengaja mengandeng pihak sekolah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Diharapkan melalui pelatihan itu mampu meningkatkan kreatifitas siswa di bidang tulis menulis.

Wakasek Kesiswaan Teja Hudaya, Spd, mengatakan, pelatihan jurnalistis dilingkungan sekolahnya, yang diadakan media terbesar di Karawang itu, dapat menjadikan upaya dalam meningkatkan kualitas para siswanya. “Ini merupakan kesempatan besar bagi siswa kami untuk bisa mengetahui bagaimana cara menulis dengan baik nantinya,”  tuturnya.
Karenanya, lanjut dia, budaya menulis dikalangan pelajar memang sedikit mengalami penurunan. Makanya, dengan adanya pelatihan Jurnalistik itu dapat memicu siswanya  melakukan aktifitas menulis. “Kebetulan juga, ekskul jurnalistik sudah akan kami bentuk. Dan ini kesempatan siswa untuk mengenal dasar-dasar menulis nantinya,” ucapnya.
Sehingga, diharapkan para siswa yang nanti tergabung dalam ekskul jurnalistik yang baru dibentuknya. Dapat mengetahui dasar-dasar dalam penulisan. Selain itu, diharapkan kegiatan pelatihan tidak hanya dilakukan satu kali saja. Namun, secara kontinyu. “Jadi nanti pas ekskul jurnalisitik mereka sudah ada gambaran, karena sebelumnya diadakan pelatihan,” paparnya.
Anisa Nanda siswi kelas sepuluh (X) jurusan farmasi yang merupakan pengurus MPK SMK Sehati mengatakan, keinginan dalam memahami dunia jurnalistik cukup tinggi. Karena tidak sedikit para siswa yang ada di sekolahnya, sangat menggemari menulis. "Penasaran, sepertinya seru kalau jadi wartawan, jadi nanti kalau waktunya memungkinkan bisa ikutan, dalam mendalami keilmuan jurnalistik di ekskul," ucapnya.
Sementara secara serempak puluhan pelajar yang mengikuti kegiatan pelatihan Jurnalistik yang diadakan Radar Karawang di sekolahnya, mengatakan, sangat menyenangi kegiatan pelatihan jurnalistik yang diadakan Media Radar Karawang dilingkungan sekolahnya. Hal tersebut diharapkan, dalam pelatihan nantinya dapat menambah kemampuan para siswa dalam memamahi dan menumbuhkan budaya menulis didalam diri siswa. "Sangat senang, dan juga seru ternyata," ujarnya.
Diruangan yang sama, Pemimpin Redaksi Radar Karawang, Taupik Hidayat menyampaikan, pelatihan jurnalistik di lingkungan sekolah merupakan upaya membangun tradisi menulis siswa disekolah. Hal itu tidak hanya akan dilakukan di Sekolah SMK Sehati Karawang, akan tetapi akan dilakukan diberbagai sekolah ditingkatan SMA/SMK di Kabupaten Karawang. "Intinya, kegiatan ini bertujuan untuk merangsang para siswa di sekolah ini biar dapat mengetahui tata cara menulis, dan bisa menjadikan tradisi menulis hidup dikalangan siswa nantinya," ucapnya.
Sehingga, dalam kegiatan pelatihan tersebut, akan dilakukan secara kontinyu. Sehingga para siswa dapat memahami jurnalistik secara Khaffah. "Nanti para siswa juga boleh untuk seminggu 2 kali datang ke kantor kami untuk belajar menulis disana, jadi bisa saja nanti kita buat wartawan siswa, biar tulisan mereka akan diterbitkan," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template