Siswa SD Delapan Sekolah Diimunisasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SD Delapan Sekolah Diimunisasi

Siswa SD Delapan Sekolah Diimunisasi

Written By Mang Raka on Kamis, 24 November 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Puskesmas Karangpawitan menyelenggarakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Kegiatan yang dilakukan Rabu (23/11) itu berlangsung di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karangpawitan III, di Jalan R. Rubaya Kepuh, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat.

Kordinator imunisasi Puskesmas Karawang, Evy Mei, mengatakan, bulan dimana seluruh kegiatan imunisasi dilaksanakan di seluruh Indonesia ini dilakukan setiap bulan November. Imunisasi dilakukan guna memberikan veksin agar kekebalan tubuh terjaga dari penyakit. "Kegiatan sudah dilakukan selama tiga hari di setiap sekolah-sekolah di Kelurahan Karangpawitan," ucapnya kepada Radar karawang.
Evy menegaskan, tujuan pelaksanaan BIAS adalah mempertahankan eleminasi tetanus neonaturum, pengendalian penyakit difteri dan penyakit campak dalam jangka panjang melalui imunisasi DT, TT dan campak pada anak sekolah. "Imunisasi yang diberikan ada tiga jenis. Yaitu, campak pada anak kelas I, DT pada anak kelas I, TT (tetanus) pada anak kelas II dan III. Difteri (DT) adalah radang tenggorokan yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan kematian anak hanya dalam beberapa hari saja. Tetanus adalah penyakit kejang otot seluruh tubuh dengan mulut terkancing tidak bisa dibuka," ucapnya.
Masih dikatakan Evi, jumlah sekolah hingga kemarin yang sudah dilakukan BIAS keseluruhan ada delapan sekolah. Dari sekolah-sekolah itu lima diantaranya Sekolah Dasar, dua Sekolah Luar Biasa (SLB) dan satu sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI). "Alhamdulillah seluruh sekolah sudah melaksanakan program yang diadakan satu tahun sekali ini," ucapnya.
Guru Kelas III B, Sri Resmi S.Ag, mengatakan, dengan adanya bulan imunisasi tiap tahun merupakan program yang selalu patut untuk diacungi jempol. Hal itu karena yang kecil berdampak untuk sesuatu yang besar, dengan kata lain imunisasi yang dilakukan pihak puskesmas memberikan tindakan kepedulian terhadap perkembangan anak terhadap kekebalan tubuhnya. "Saya sangat bersyukur telah diberikan kesempatan melakukan imunisasi," ucapnya.
Sri mengatakan, karena hal yang sangat jarang dilakukan untuk kegiatan imunisasi apalagi terhadap sekolah-sekolah paling ada satu tahun sekali, maknya sebisa mungkin pihak sekolah lakukan yang terbaik untuk kegiatan bulan imunisasi anak sekolah. "Saya senang karena telah sangat membantu, dan semoga berjalan terus," ucapnya.
Sementara Andika (8) siswa di sekolah itu mengatakan, kegiatan yang sangat meresahkan membuat hati tidak ingin untuk melakukan imunisasi karena melihat teman yang tengah merasakan sakit dan lemes tapi dengan rasa pede ingin memebuktikan bagaimana sih rasanya setelah kena suntikan. "Tidak sakit, malah senang apalagi kalau sudah disuntik melihat temen yang takut ngerasain suntikan," ucapnya. (mg2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template