Siswa MTs Annur Beajar Sel Tumbuhan Lewat Mikroskop - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa MTs Annur Beajar Sel Tumbuhan Lewat Mikroskop

Siswa MTs Annur Beajar Sel Tumbuhan Lewat Mikroskop

Written By Mang Raka on Rabu, 02 November 2016 | 12.30.00

LEMAHABANG, RAKA - Melihat susunan sel tumbuhan, bukan merupakan perkara mudah. Perlu media untuk mengamati perkembangan sel-sel pada batang, akar dan daun tumbuhan. Tapi, ini menjadi materi penting para siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) An-Nur Lemahabang di sela-sela ulangan praktek mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Mikroskop.
Tiara, kelas VII F mengatakan, pihaknya tengah ujian dalam ulangan harian IPA dengan praktek. Melalui alat Mikroskop berkelompok, pihaknya menganalisis susunan sel pada berbagai jenis timbuhan. Melalui praktek dan ditopang beragam media, dirinya bisa lebih cepat menyerap pelajaran, karena selain dianalisis, pergerakan sel ini sekaligus membuktikan teori-teori saat pengajaran, bahwa sel-sel ini terlihat susunannya dengan jelas. Dari mana saja dan proses cari makannya tumbuhan posisinya nampak. "Lebih cepat faham kalau praktek mah, apalagi ditunjang medianya, jadi tidak sebatas teori," kata dia.
Sementara itu, Guru IPA MTs An-Nur Lemahabang, Elam Jajang Lesamana S,Pd mengatakan, siswa diajarkan supaya bisa menganalisis teori IPA yang sudah diberikan. Walaupun dengan media Mikroskop, siswa dilatih menganalisa, melihat dan mengamati susunan sel pada akar, sel pada batang dan sel pada daun.
Kemudian juga lanjut Elam, siswa diajari cara membagi struktur susunan pada tumbuhan dan transportasi tumbuhan atau dengan kata lain cara tumbuhan cari makannya, dari sana siswa bisa menyimpulkan setiap kelompok yang dibaginya. "Sel batang, daun dan akar diamati, kita ajari aplikasi selain teori biar mereka analisa dan menyimpulkan," ungkap dia.
Lebih jauh ia menambahkan, selain menjadi ulangan harian, siswa juga diberi kebebasan memilih jenis tumbuhan yang dilihatnya dengan mikroskop, baik monokotil dan dikotil. Diharapkan, memang anak-anak bisa lebih cepat faham materi dibanding dengan teori-teorinya saja. "Kita bebaskan jenis tumbuhannya, mau monokotil atau dikotil silahkan, kita terima hasil saja," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template