Sejak Lama Terminal Cikampek Jadi Tempat Transit Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sejak Lama Terminal Cikampek Jadi Tempat Transit Sampah

Sejak Lama Terminal Cikampek Jadi Tempat Transit Sampah

Written By Mang Raka on Jumat, 25 November 2016 | 12.30.00

CIKAMPEK, RAKA- Lahan Terminal Bus Cikampek masih dijadikan tempat transit pembuangan sampah Pasar Cikampek. Hal itu membuat kondisi terminal kumuh. Bahkan bukan hanya itu, infrastruktur terminal yang buruk juga membuat terminal terlihat semakin kumuh.
Menurut Ketua Forum Komunikasi Pemuda Cikampek, Endang Mulyadi, terminal Bus itu bukan peruntukan transit sampah pasar tradisional Cikampek. Oleh karenanya, seharusnya Dishubkominfo Karawang memberi penjelasan ke publik terkait kebijakan sebuah terminal dijadikan transit sampah. "Dinas yang terkaitlah yang harus memberikan penjelasan terkait adanya transit sampah di Terminal Bus Cikampek," ujar Endang, kepada RAKA, Kamis (24/11).
Menurutnya, jika keberadaan terminal Cikampek ditata dengan baik. Maka keberadaan Terminal itu akan terlihat bersih dan nyaman. Kemudian setiap mobil angkutan umum yang beroperasi jalur trayek Cikampek masuk ke terminal akan lebih terlihat fungsi terminalnya. "Akibat kurang berfungsi dan penataan terminal yang kurang baik. Maka keberadaan lahan di terminal dijadikan transit sampah pasar, ini membuat kondisi terminal kelihatan kumuh, apalagi infrastrukturnya sudah banyak yang rusak," ujarnya.
Oleh karenanya dia mendesak kepada Pemerintahan Kabupaten Karawang untuk serius memikirkan persoalan Terminal Bus Cikampek supaya berfungsi kembali dengan penataan yang baik. Dengan demikian kesemrawutan lalulintas akan bisa dikendalikan. "Puluhan tahun yang lalu terlihat keramaian di terminal dengan berbagai jurusan. Semua mobil angkutan umum masuk terminal. Tapi sekarang hanya ada PO Bus Warga Baru (B) saja itupun jumlahnya bisa dihitung jari," ujarnya.
Sebelumnya, Mantri Pasar Cikampek, Hasan Mahpud, menyampaikan, banyaknya tumpukan sampah di Terminal Bus Cikampek itu memang berasal dari sampah Pasar Cikampek. Karena tidak ada lahan untuk pembuangan sampah sementara. Maka lahan Terminal Bus dipakai untuk sekedar transit tumpukan sampah "Memang benar tumpukan sampah-sampah itu berasal dari Pasar Cikampek," ujarnya.
Dia menyampaikan, setiap hari sampah-sampah Pasar Cikampek itu ditransitkan di Terminal Bus. Karena tidak ada tempat di Pasar Cikampek untuk menyimpan sampah-sampah yang akan dibuang ke TPS Jalupang. "Setiap hari 3 kali pengangkutan sampah-sampah yang berasal dari Pasar Cikampek. Sekitar 11 ton lebih perharinya sampah yang berasal dari seluruh Pasar Cikampek," ujarnya
Dia juga juga menjelaskan kewajiban petugas kebersihan sampah di Pasar Cikampek itu. Hanya mengangkat sampah-sampah yang ada di Pasar Cikampek. Setelah sampah tersebut keluar dari Pasar Cikampek, kemudian selanjutnya sudah menjadi tanggung jawab petugas kebersihan dari Dinas Cipta Karya bukan lagi tanggung jawab petugas Pasar Cikampek. "Kalau kami berkewajiban membersihkan sampah-sampah dari Pasar Cikampek. Selebihnya setelah sampah itu ada berada di luar lingkungan Pasar Cikampek. Bukan lagi tanggung jawab kami, tetapi tanggung jawab dinas terkait," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template