Sehari Potong 8 Ekor Sapi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Sehari Potong 8 Ekor Sapi

Sehari Potong 8 Ekor Sapi

Written By Mang Raka on Selasa, 01 November 2016 | 12.00.00

- Rumah Potong Hewan Cikampek Memprihatinkan

CIKAMPEK, RAKA- Sudah waktunya Rumah Potong Hewan (RPH) Cikampek diperluas. Agar jumlah daging yang beredar di pasaran meningkat, dan kebutuhan masyarakat akan gizi yang terkandung dalam daging terpenuhi dengan baik.
"Memang seharusnya dilakukan perluasan lahan RPH. Agar kebutuhan daging warga Karawang bisa terpenuhi dengan baik," ujar Kepala UPTD Pertanian Kehutanan Perkebunan dan Peternakan (Tanhutbunak) Cikampek, Tatang kepada Radar Karawang, Senin (31/10).
Ia melanjutkan, saat ini rata-rata RPH melakukan pemotongan 7 sampai 8 ekor sapi perhari. Tetapi jika memasuki hari-hari tertentu, seperti hari dimana banyak orang hajatan atau menjelang lebaran, maka ada peningkatan yang sangat signifikan bisa diatas angka 10.
"Meskipun saat ini tercukupi. Tapi kedepan kebutuhan daging terus meningkat. Maka ini memang sangat urgen. Karena kaitan dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya.
Dia juga menyampaikan, RPH di Karawang ada tiga, yaitu di Regansdengklok, Karawang kota dan Cikampek. Khusus untuk Cikampek memback up kebutuhan daging Karawang wilayah Timur, mulai dari Cikampek, Purwasari, Tirtamulya, Cilamaya, bahkan sampai Tempuran.
Tetapi, kata Tatang, Pemerintah Kabupaten Karawang sudah mengalokasian untuk perluasan RPH, namun informasinya masih terkendala dengan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan penyesuaian Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK). "Katanya sudah dialokasikan. Jadi hanya tinggal menunggu realisasi. Tapi masih menunggu kaitan dengan RDTR dan SOTK," ujarnya.
Menurutnya perluasan RPH Cikampek dari tahun ke tahun selalu diajukan, tetapi sampai hari ini masih belum ada realisasi. "Kami harap bisa segera direalisasikan. Karena kalau lahannya sudah diperluas, tinggal peningkatan sarana dan prasarananya," ujarnya
Ketua Komisi C DPRD Karawang, Elievia Khrissiana, ST  mengatakan, sudah ada pengalokasian anggaran untuk RTH. Tetapi secara detailnya dia akan kembali mengecek. Kemudian apa yang menjadi hambatannya, juga akan menjadi bahan evaluasi kinerja pemerintah daerah.
"Iya sudah dianggarakan. Kami akan cek yah. Terus ini juga berkaitan dengan RDTR. Karena didalamnya akan dibahas secara detail termasuk cikampek. Belum lagi adanya perampingan SOTK. Itu yang jadi pertimbangan," paparnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template