Rayakan Nadran Laut, Ratusan Perahu Pilih Pulang Kampung - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rayakan Nadran Laut, Ratusan Perahu Pilih Pulang Kampung

Rayakan Nadran Laut, Ratusan Perahu Pilih Pulang Kampung

Written By Mang Raka on Jumat, 04 November 2016 | 16.00.00

-Sudah 6 Tahun Vakum

CILAMAYA KULON, RAKA- Nadran laut Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, akan kembali digelar setelah 6 tahun terakhir absen. Tidak mau tertinggal momen pesta syukuran para nelayan rajungan dari tanggal 4-10 November itu, ratusan nelayan memilih pulang kampung tidak melaut selama seminggu terakhir. Pasalnya, selain ingin keberkahan melalui upacara larung kepala kerbau, perahu-perahu yang sehari-hari berlayar hingga laut Jawa dan Sumatera itu mulai direnovasi dan dihias menyambut puncak nadran secara swadaya.
Ketua Panitia Nadran Laut Pasirputih, Waryono mengatakan, dari 250 perahu yang biasa dibawa berlayar melaut, hampir 100 persen selama seminggu terakhir memilih pulang kampung. Para nelayan yang biasa mencari rajungan ke laut Kalimantan hingga Sumatera, banyak yang meliburkan diri demi menyambut Nadran laut. Pasalnya, setelah tahun 2010, pesisir sentra rajungan ini tidak pernah menggelar nadran laut kembali. Apalagi acaranya sendiri digelar hampir 10 hari berturut-turut. Bahkan, sudah jauh-jauh hari, perahu-perahu nelayan hingga TPI yang menjadi pusat kegiatan sengaja dipercantik untuk mengiringi puncak syukuran yang disimbolkan dengan larung kepala Kerbau ini. "Dari 250 perahu, hampir semuanya libur melaut demi Nadran laut, dihias dan dipercantik sedemikian rupa," kata dia.
Lebih jauh Waryono menambahkan, sejumlah agenda kegiatan juga disiapkan selain acara wajib yaitu Wayang dan iringan larung dongdang ke laut. Beragam hiburan nadran yang sengaja digelar saat musim air pasang bulan ke 11 ini, juga mengundang sejumlah tokoh penting, seperti Bupati Karawang, Bupati Purwakarta, Ketua DPR RI hingga hiburan artis ibu kota Charly ST12. Sementara kegiatan layanan dan sosial, juga tidak kalah pentingnya menjadi agenda nadran. Seperti santunan ratusan anak yatim, pelayanan gratis perizinan perahu bersama BPMPT Provinsi Jawa Barat hingga agenda lomba masak makanan khas Pasirputih Rajungan. "Kita siapkan agenda kegiatan sematang mungkin, meskipun dengan keterbatasan dana, tapi yang wajib tak boleh ditinggalkan, yaitu pagelaran wayang kulit dan larung laut," kata dia.
Sekretaris Panitia Nadran Laut Pasirputih Marjaya menuturkan, persiapannya sudah diagendakan jauh-jauh hari. Selain santunan dan acara puncak, beragam kegiatan lainnya juga akan memeriahkan pesta laut di Ciparage diantaranya ceramah agama oleh Umi Pipik, lomba masak-masak rajungan dan khas Pasirputih sampai dengan kegiatan olahraga dan sandiwara. "Sudah kami siapkan segala sesuatunya," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template