Puskesmas Karawang Barat Layani 3.500 Pasien Sebulan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puskesmas Karawang Barat Layani 3.500 Pasien Sebulan

Puskesmas Karawang Barat Layani 3.500 Pasien Sebulan

Written By Mang Raka on Selasa, 01 November 2016 | 15.30.00

KARAWANG, RAKA - Dalam satu bulan terakhir Puskesmas Karawang Barat melayani lebih 3500 pasien dengan diagnosa penyakit bervariasi. Dari jenis-jenis penyakit yang keluhkan yang paling sering dilaporkan adalah penyakit ispa dan demam berdarah (DBD).

Kepala Puskesmas, dr.Hj.Kenalin Intan poppy A,MKK, mengatakan itu, Senin (31/10), banyak penyakit yang berkembang di kabupaten Karawang termasuk penyakit mengerikan HIV dan DBD. "Untuk data nya ada di bapak Suratman," ucap Kenalin menyebut nama bawahannya yang memegang data pasien yang terserang dua penyakit itu (DBD dan HIV) ada
Puskesmas Karawang melayani 3500 pasien bahkan lebih selama satu bulan terakhir, keluhan penyakitpun beragam mulai dari umum, gigi, keluarga berencana (KB), penanganan balita gijiburuk dan HIV. Ia juga mengatakan, dipuskesmas hanya melayani satu kelurahan saja, Kelurahan Karang Pawitan namun tidak sedikt diwilayah itu banyak dari masyarakat yang memiliki berbagai penyakit mulai dari DBD, ISPA, dan lain-lainnya. "Penyuluhan dilakukan disetiap rapat minggon Kecamatan dan  Kelurahan, mengenai gerakan 3M (mencegah,mengubur,menutup) dan PHBS (prilaku hidup bersih dan sehat)," ucapnya.
Sementara menurut, Suratman (52) bagian epidemiologi kesehatan, mengatakan, dengan berbagai penyakit yang banyak di Kabupaten Karawang. tidak menjadikan pihak Puskesmas untuk berhenti melayani pasien dari berbagai penyakit yang diderita oleh masyarakat, "Salah satunya penyakit DBD, HIV, ISPA dan lainnya tapi saya melayani DBD dan Voluntary Counseling and Testing (VTC)," ucapnya.
Ia juga mengatakan, sudah sebanyak tiga puluh satu ditahun 2016 untuk penderita DBD, dari sebelumnya yang hanya sebanyak tujuh belas pasien ditahun 2015 dan ditahun 2014 sebanyak sembilan belas pasien penderita DBD. "Jumlah pasien ditiap taunnya tidak merata kadang naik turun dan sekarang sedang naik, akibat cuaca juga berpengaruh terhadap datangnya penyakit," ucapnya. (mg2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template