Proyek Pasar Jatiwangi Mencurigakan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Proyek Pasar Jatiwangi Mencurigakan

Proyek Pasar Jatiwangi Mencurigakan

Written By Mang Raka on Jumat, 11 November 2016 | 12.30.00

-Kades Wahid Tersinggung Ulah Pemborong

JATISARI, RAKA - Merasa tidak pernah diberitahu soal proyek pembangunan Pasar Jatiwangi, Kepala Desa Jatiwangi Abdul Wahid dan Camat Jatisari Hj Yusi Ruslani berang. Mereka merasa dilangkahi oleh pemborong proyek miliaran rupiah tersebut.
Menurut Kepala Desa Jatiwangi, Abdul Wahid, mantri Pasar Jatiwangi terkesan menghindar saat dimintai keterangan terkait renovasi pasar, yang menelan anggaran hingga Rp 1,5 miliar.
Padahal ketika ada persoalan, orang yang pertama kali berbenturan dengan masyarakat adalah kepala desa. Bahkan dia sendiri merasa kebingungan, saat ada warga maupun pihak lain yang mempertanyakan proyek miliaran rupiah itu. "Yang namanya pemerintahan desa itu perlu diberitahu. Sebab kalau terjadi apa-apa di kemudian hari, para pedagang pasti akan mengadu kepada pemerintahan desa," ujar Wahid kepada Radar Karawang, Kamis (10/11) kemarin.
Seharusnya kata Wahid, pihak dinas terkait menegur keras pemborong terutama mantri pasar, yang memiliki kewenangan secara kedinasan di Pasar Jatiwangi. Pasalnya komunikasi mantri pasar dengan pemerintahan desa selama ini juga dinilai buruk. "Benar saya sebagai kepala desa tidak mengetahui secara jelas. Seharusnya pihak pengelola pasar terbuka dengan pihak pemerintahan desa. Mantri Pasar Jatiwangi, Pak Saibin juga sulit dihubungi sehingga tidak ada komunikasi yang baik," paparnya.
Camat Jatisari Hj Yusi Ruslani menyampaikan, pihak pemborong harus memperhatikan kualitas dan kuantitas bangunan. Pasalnya, dari pihak pemborong tidak pernah ada kordinasi maupun komunikasi dengan pihaknya.
Menurutnya, proyek Pasar Tradisional Jatiwangi memang diinginkan para pedagang. Karena beberapa waktu lalu pasar tersebut terjadi kebakaran. Sehingga diperlukan renovasi sarana prasarana pasar yang memadai. Tetapi jika prosesnya tidak transparan, dia merasa khawatir jika kedepannya bakal jadi permasalahan. "Tidak ada kordinasi dari pihak pemenang tender adanya renovasi pasar kepada pihak kecamatan. Kalau saya sih bersyukur saja adanya renovasi bangunan. Sebab sudah layak untuk dilakukan perbaikan," katanya.
Ia melanjutkan, para pedagang meminta agar kondisi pasar ramah lingkungan. Sehingga pada musim hujan tidak becek. "Perlu dipikirkan juga akses fasilitas infrastruktur lingkungan pasar. Supaya kondisi pasar nyaman dan bersih. Agar para pembeli dan pedagang merasa nyaman," katanya
Sementara Pengurus Himpunan Pedagang Pasar Jatiwangi (Hipaja) Lili, membenarkan pengelola pasar yakni mantri pasar tidak memberitahu adanya pelaksanaan renovasi pasar. "Seharusnya dari pengelola pasar itu ada etika untuk pemberitahuan ke pemerintahan desa. Sebab  renovasi pasar itu berada di wilayah Desa Jatiwangi. Begitupun kepada Hipaja tidak ada komunikasinya," ucapnya.
Dia juga menyampaikan, pemindahan para penjual tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu, pada saat awal pembongkaran, sekitar satu minggu yang lalu, para pedagang harus mengikuti keinginan pemborong agar pindah hari itu juga. "Hari itu dibongkar, harus pindah hari itu juga. Tidak ada toleransi dan tidak kasih kompensasi. Tempat jualan sementara juga bikin sendiri. Sudah mah jualan sekarang itu lagi sepi, sejak dibukanya pasar induk cikopo," ujarnya.
Sementara Mantri Pasar Jatiwangi, Saibin, saat dimintai keterangan terkait pembangunan pasar yang sedang berlangsung tidak ada di tempat. Bahkan, meski sudah dikirim pesan singkat tidak menjawab. Begitu juga pihak pemborong tidak ada yang bisa dimintai keterangan.
Informasi yang dihimpun Radar Karawang, Pasar Jatiwangi, Kecamatan Jatisari, direnovasi dari Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai Rp 1.153.069.000. Pelaksana dari renovasi Pasar Jatiwangi yakni PT Alwanabi Internasional dengan nomor kontrak:027/01/SP/INDAG/X/2016 serta pengerjaannya 60 hari terhitung 31 Oktober-29 Desember 2016. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template