Program Wajib Baca Belum Efektif Merangsang Minat Baca Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Program Wajib Baca Belum Efektif Merangsang Minat Baca Siswa

Program Wajib Baca Belum Efektif Merangsang Minat Baca Siswa

Written By Mang Raka on Rabu, 02 November 2016 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Pengadaan program wajib baca di SMAN 1 Telukjambe ternyata belum efektif menjadikan siswa malas pergi ke perpustakaan. Hal itu terlihat dari jumlah pelajar yang bisa terhitung jari untuk mengunjungi perpustakaan.

Menurut Dini Andini (23) petugas perpustakaan, meskipun pengadaan buku ditiap tahunnya itu ada, namun hal itu tidak menjadikan minat baca siswa siswi semakin meningkat. Padahal pengadaan buku disetiap tahun sebanyak empat puluh, dalam satu mata pelajaran. "Per hari paling juga dua puluh orang siswa dan siswi yang berkunjung ke perpustakaan," ucapnya kepada Radar Karawang, Selasa (1/11).
Ia juga mengatakan, dengan jumlah kelas dari kelas I sebanyak sepuluh kelas dan kelas II sebanyak sembilan kelas dan kelas III sebanyak sembilan kelas, namun hal itu masih saja banyak dari pelajar yang tidak menikmati sarana perpus untuk jadi tempat belajar mereka. "Kebanyakan yang hadir keperpustakaan paling anak-anak yang disuruh gurunya untuk ngambil buku pelajaran kalau tidak novel," ucapnya.
Sementara menurut salah seorang siswa yang tengah mencari buku agama, Yudha Gunawan (15) anak kelas XI yang bertubuh tinggi kurus dan humoris itu, mengatakan, kegiatan belajar mengajar (KBM) adalah salah satu tantangan bagi seluru siswa dan siswi untuk menjalankan aktipitas sebagai salah satu kewajiban yang mesti dilakukan untuk pelajar. "Saya sering datang keperpustakaan buat mencari buku yang saya perlukan," ucapnya.
Ia juga mengatakan, selain bisa untuk menambah wawasan dengan membaca buku, bisa juga untuk menjadikan dasar pengetahuan untuk mengetahui berbagai pengetahuan yang tertulis dibuku tersebut. "Saya senang, kan memang tempatnya juga untuk mencari buku yang kita butuhkan, ke perpus lagi nyari buku Agama," ujarnya.(mg2)  
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template