Periksa Kesehatan Siswa Imunisasi Diusulkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Periksa Kesehatan Siswa Imunisasi Diusulkan

Periksa Kesehatan Siswa Imunisasi Diusulkan

Written By Mang Raka on Rabu, 30 November 2016 | 16.00.00

KLARI, RAKA - Pemeriksaan kesehatan siswa sebelum dilakukan imunisasi dalam program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang dilakukan ditingkat Sekolah Dasar diusulkan. Hal itu dinilai perlu sebagai upaya antisipasi terhadap siswa yang tidak diketahui sebelumnya memiliki riwayat penyakit yang bisa membahayakan siswa jika menerima imunisasi.

Kepala Puskesmas Curug, Asep Gunawan mengatakan, diminta komentarnya terkait usulan pemeriksaan kesehatan pra imunisasi mengatakan, mesti selama ini dalam menjalankan program Imunisasi Bias disekolah dasar yang dilakukan Puskesmas, dalam pemeriksaan kesehatan siswa hanya dilakukan dengan menanyakan sebelumnya terhadap guru dan para siswa.
Hal tersebut, menurut Asep, agar dapat mengefensiesikan waktu dalam mencanangkan program Bias tersebut. Meski demikian Asep sependapat jika memang pemeriksaan itu dilakukan sebelum dilakukan imunisasi. "setuju saja, kalau ada usulan untuk diperiksa kesehatannya sebelum dilakukan penyuntikan imunisasi kepada siswa, cuman waktunya paling bisa lama. Karena semua siswa mesti seluruhnya diperiksa," ujar Asep kepada Radar Karawang, Selasa (29/11) sekitar pukul 13.00 WIB.
Dia melanjutkan, kalaupun memang mesti dilakukan, maka mesti secara serempak oleh seluruh puskesmas yang ada diwilayah Kabupaten Karawang. Untuk mengetahui kesehatan siswa, agar dalam proses imunisasi tidak adanya temuan siswa yang tidak diketahui memiliki riwayat penyakit. "Biasanya untuk program Bias, untuk diperiksa secara konprehensip mah tidak, cuma secara pandang saja. Dan apabila anak itu mengidap penyakit baru dilakukan pemeriksaan," paparnya.
Hal senada disampaikan Ketua LSM Gema Setara kesehatan, Karnadi Adi Kusuma, memang sudah seharusnya dalam program Imunisasi Bias yang dilakukan ditingkat sekolah Dasar, mesti diharuskan pemeriksaan kesehatan. Agar tidak muncul kekhawatiran para orang tua, saat anaknya akan dilakukan Imunisasi Siswa oleh Pihak Puskesmas. "Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan para petugas puskesmas terhadap para siswa yang akan diberikan imunisasi mesti dilakukan dalam meminimalisir siswa yang tidak diketahui memiliki riwayat penyakit," terang dia.
Karena, menurut Karnadi yang sekaligus pernah mengecap pendidikan Magister Hukum Kesehatan dan Hukum Pidana, bawasanya, tidak semua para orang tua dapat mengetahui anaknya memiliki riwayat penyakit. Maka usulan untuk dilakukannya pemeriksaan kesehatan merupakan sebuah solusi yang sangat efektif untuk dijalankan. "Ini merupakan langkah yang baik untuk meminimalisir munculnya suatu hal yang tidak diinginkan usai imunisasi nantinya," paparnya.
Maka, ditegaskannya, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan terlebih dahulu, merupakan upaya dalam meminimalisir siswa yang tidak diketahui keberadaan penyakit yang dialaminya. Karena, selama ini orang tua tidak memeriksakannya dalam mengecek kesehatan anak. "Jadi, biar setelah diperiksa kesehatan siswanya, tidak harus menanyakan ke guru nya lagi anak ini sehat atau tidaknya. Karena hasil pemeriksaan lebih kuat, dan itu bisa mengantisipasi tidak terjadinya hal yang sama," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template