Pemkab Dengungkan Pesta Laut Akbar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Dengungkan Pesta Laut Akbar

Pemkab Dengungkan Pesta Laut Akbar

Written By Mang Raka on Selasa, 08 November 2016 | 15.30.00

-Dilakukan Serentak di Semua TPI

CILAMAYA KULON, RAKA - Wacana Nadran laut serentak di Karawang mulai digelindingkan. Memiliki luas pantai 83'4 mil, pesta laut yang selama ini digelar di sejumlah Temat Pelelangan Ikan (TPI), diharapkan bisa menjadi destinasi wisata andalan wilayah pesisir di tahun tahun-tahun  mendatang, bahkan mensukseskan Nadran laut tahun depan, diwacanakan untuk disatukan dengan menggunakan pos anggaran khusus.
Kepala UPTD Pelabuhan dan Pelayaran Disshubkominfo Karawang, Entoh Hendra Permana mengungkapkan, kemeriahan pesta laut sebagai wujud syukurnya nelayan di Karawang mulai menyedot perhatian khusus OPD terkait, termasuk para politisi. Perhelatan guyub ratusan nelayan dalam menyambut pesta laut melalui hiasan kapal, tradisi larung kepala kerbau sampai segudang hiburan seninya, sebut Entoh menjadi perbincangan dirinya bersama Kadisbudpar, Dinas Kelautan dan Perikanan hingga para anggota legislatif di sela-sela puncak Nadran laut di Pasirputih baru-baru ini.
Salah satu bahasannya adalah, memetakan nadran serentak antara wilayah pesisir barat, pesisir tengah dan pesisir timur Karawang dalam satu waktu bersamaan dan dengan sumber anggaran yang lebih tertata dalam satu paket. "Nadran ini tradisi, bagaimana kita menyikapinya, karena disamping tradisi, nilai wisatanya juga menjadi nilai tawar tersendiri," kata dia.
Lebih jauh ia menambahkan, di Karawang, TPI yang aktif menyelenggarakan nadran ini diwakili beberapa wilayah pesisir, seperti misalnya wilayah barat di Pakisjaya, sementara di wilayah pesisir tengah diwakili TPI Sungaibuntu Cilebar dan TPI Ciparagejaya Tempuran, dan terakhir wakil dari pesisir timur yaitu Pasirputih Cilamaya Kulon dan Tangkolak Cilamaya Wetan. Nantinya, Pemkab bisa merumuskan puncak nadran di hari yang sama, dan masing-masing TPI diiringi ratusan perahu hiasnya serentak di sela-sela larung kepala kerbau di satu titik. Bayangkan saja, sambung Entoh,  jika di satu waktu semua perahu keluar dari semua TPI bersamaan yang jumlahnya ribuan di Karawang mengiringi kepala kerbau yang akan dilarungkan, ini benar-benar bisa menyedot wisatawan luar Karawang dan menjadi agenda andalan.
Tinggal, masing-masing OPD memikirkan, urusan kelautan bisa diurus Dinas Perikanan dan Keluatan termasuk TPI nya, urusan lalu lintas perahu dan perizinannya wewenang Dishub dan unsur tradisi dan wisatanya digarap Disbudpar Karawang. Sehingga membiayai pesta laut serentak di 4 lokasi ini, cukup anggaran Rp 500 juta dari Pemkab masing-masing, atau kolektifnya Rp 2 miliar setiap tahunnya. "Kepala kerbau dari 4 TPI nantinya diiring ribuan perahu se Karawang dan dibuang bersamaan dalam satu titik, selebihnya acara hiburannya masing-masing TPI bisa menggarap sesuai kebutuhannya," ujarnya.
Wakil Ketua DPRD Karawang, Sri Rahayu Agustina menyebut, destinasi wisata laut ini memang masih perlu sokongan ekstra dari Pemkab. Dirinya mengapresiasi, jika sampai terwujud nadran laut serentak. Secara khusus, DPD Partai Golkar juga siap menjadi pihak ke 3 untuk ikut mensupport biaya pelaksanaan pesta laut serentak di tahun-tahun mendatang. "Kita siap support bantuan untuk pelaksanaan pesta laut yang diwacanakan serentak tahun mendatang," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Gak nyambung kalaupun dana tetap dari paguyuban nelayan dan pemerintah cukup mengerakan tradisi tersebut

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template