Pemda Belum Melirik PAD Sektor Pariwisata - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemda Belum Melirik PAD Sektor Pariwisata

Pemda Belum Melirik PAD Sektor Pariwisata

Written By Mang Raka on Selasa, 08 November 2016 | 16.00.00

TEGALWARU, RAKA - Selain industrinya Karawang juga dikelilingi oleh objek wisata, baik wisata alam maupun laut. Sayangnya Pemda belum melirik hal ini. Padahal dari sektor inipun bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tidak sedikit.

Kecamatan Tegalwaru, diantara yang sarat objek wisata. Bukan hanya wisata alam bahkan wisata spiritual pun menjadi target kunjungan wisatawan ke wilayah bagian selatan Karawang itu. Seperti Curug Cigeuntis sampai sekarang tetap menjadi wisata primadona di daerah tersebut. "Sangat penting pemerintah Karawang mengembangkan pariwisata. Salah satunya wisata curug  Curug Cigeuntis dan Curug Bandung hingga kini belum tertata maksimal," ungkap Dedin Salafudin, penikmat wisata alam Karawang Selatan, baru-baru ini.
Dedin menyampaikan itu melalui surat elektroniknya. Bukan hanya penataan, lanjut dia, tetapi juga infrastruktur menuju objek wisata itupun belum memadai. Padahal untuk objek wisata tersebut sangat banyak menyedot wisatawan. "Jalan ke tempat wisata masih macet, perlu adanya pelebaran jalan, dan pengelolaan yang maksimal. Ssehingga wisatawan yang mengunjungi objek wisata tidak keburu lelah diperjalanan," ucapnya.
Hal sama juga diungkapkan Agus Abdul Latif juga yang intens mengamati perkembangan pariwisata Karawang. Menurut dia, untuk mengembangkan potensi wisata Karawang Selatan perlu perhatian serius pemerintah daerah. Sayang, jika sektor yang mestinya bisa menjadi sumber PAD potensian ini diabaikan begitu saja. "Pariwisata akan mnyumbang pendapatan kepada pemerintah daerah. Selain bisa memicu peningkatan perekonomian masyarakat," tegas Agus.
Agus menilai, melalui sektor itu masyarakat bisa dilibatkan secara langsung dengan memberdayakan potensi masing-masing. Baik dengan mengoptimalkan sumber daya manusianya (SDM) ataupun sumber daya alamnya (SDA). Seperti pengoptimalan olahan rumah tangga, baik kerajinan maupun penganan. "Memberdayakan masyarakat setempat untuk memutar roda perekonomian hal bijak yang mesti dilakukan untuk meningkatkan potensi daerah," tambah Agus.
Terlebih saat ini di Karawang sendiri sudah menjamur hotel-hotel berbintang. Paling tidak keberadaan objek-objek wisata inipun bisa dimachingkan dengan program-program hotel. Terutama untuk tamu-tamu hotel yang ingin berwisata. "Melibatkan pihak ketiga untuk mengembangkan potensi wisata, mestinya itu dilakukan pemerintah daerah. Apalagi di Karawang sekarang sudah banyak hotel megah," ucap Tejar.
Sementara, menyinggung potensi wisata bahari, nasibnyapun tak ubahnya wisata alam. Selain kurang didukung infrastruktur yang memadai, cara mengelolanya masih asal dan belum mengacu terhadap upaya pengembangan bisnis. Seperti diungkapkan Suhanto, pemerhati pariwisata. Kalau saja pemerintah menaruh perhatian serius terhadap pengembangan potensi wisata bahari maka untuk jenis wisata inipun akan menjadi sumber PAD baru yang bisa menjadi sumber kocek Pemda. "Kebanyakan lokasi wisata bahari di Karawang kurang didukung inprastruktur yang memadai. Padahal karawang banyak sekali tempat wisatanya, dan apabila digali bisa memberikan kontribusi yang tidak sedikit," katanya. (ari)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template