Pedagang Keluhkan Mahalnya Harga Sayuran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pedagang Keluhkan Mahalnya Harga Sayuran

Pedagang Keluhkan Mahalnya Harga Sayuran

Written By Mang Raka on Selasa, 15 November 2016 | 15.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Dampak dari tingginya curah hujan yang terjadi akhir-akhir ini, mengakibatkan banyak petani gagal panen di sejumlah wilayah. Hal itu, berimbas pada kian tingginya harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran lantaran minim pasokan.
Seperti yang terjadi di Pasar Baru Citeko serta Pasar tradisional Plered, harga berbagai jenis sayuran mulai merangkak naik. "Iya sudah beberapa pekan terakhir harga sayuran naik, karena barang susah didapat," ujar Heni (45), salah satu pedagang sayuran di Pasar Baru Citeko, kepada Radar Karawang, Senin (14/11) kemarin.
Heni menjelaskan, beberapa jenis sayuran yang kini mengalami kenaikan seperti cabai kriting semula Rp 20 ribu/Kg kini tembus hingga Rp80 ribu/Kg. Bawang merah Rp25 ribu kini Rp40 ribu, begitu juga dengan cabai rawit Rp 20 ribu kini Rp 40 ribu, tomat Rp8 ribu kini  Rp18 ribu/kg. "Katanya dari pasar induknya stok barang susah akibat banyak petani gagal panen,'' katanya.
Tidak beda jauh dengan Pasar Citeko Plered, tingginya harga sayuran juga terjadi di Pasar Bendul Sukatani. Bahkan para pedagang di pasar tersebut memprediksi jika harga sayuran akan terus mengalami kenaikan, menyusul pasokan barang dari pasar induk terus berkurang. "Selain itu barang dagangan kita gampang busuk, apalagi jenis kol, wortel dan sayuran lain," kata Parid (27), salah satu pedagang Pasar Bendul.
Dia berharap, sejumlah harga kebutuhan pokok dapat kembali stabil. Pasalnya, selain mengalami kerugian akibat turunnya jumlah pengunjung pasar, juga beberapa komoditas sayuran mudah busuk. "Dengan kondisi seperti ini, banyak pembeli enggan mampir karena harga lumayan cukup tinggi,'' katanya. (gan)


Kenaikan harga sejumlah sayuran di Pasar Plered
Jenis Semula Kini
Cabai kriting Rp 20 ribu/Kg Rp80 ribu/Kg
Bawang merah Rp25 ribu/Kg Rp40 ribu/Kg
Cabai rawit Rp 20 ribu/Kg Rp 40 ribu/Kg
Tomat Rp8 ribu/Kg Rp18 ribu/Kg

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template