Pabrik di Suryacipta Rugi Miliaran Rupiah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pabrik di Suryacipta Rugi Miliaran Rupiah

Pabrik di Suryacipta Rugi Miliaran Rupiah

Written By Mang Raka on Senin, 14 November 2016 | 19.04.00

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Karawang Syamsu Sobar mengatakan, banjir yang terjadi di kawasan industri Suryacipta, Jumat (11/11) lalu menimbulkan kerugian bagi perusahaan yang berdomisili di kawasan tersebut. Akibatnya, sejumlah perusahaan meminta Apindo mendesak pengelola kawasan agar banjir tidak terulang kembali.
"Keluhan itu saya terima melalui SMS atau WA dari sejumlah perusahaan yang menyampaikan keluhan kepada saya, karena kebanyakan proses produksi terhenti. Dan yang lebih penting lagi banyak perusahaan mengeluh, karena tidak bisa mendistribusikan hasil produksi ke pelabuhan untuk eskpor," kata Syamsu kepada wartawan, Minggu (13/11) kemarin
Menurut Syamsu, kerugian yang diderita sejumlah perusahaan akibat banjir itu antara lain, ribuan pekerja tidak dapat masuk kerja sehingga proses produksi terganggu. Selain itu, pengiriman barang hasil produksi terpaksa ditunda. Sehingga total kerugian yang dialami perusahaan secara keseluruhan diperkirakan mencapai miliaran rupiah. "Kalau untuk tujuan ekspor semua sudah terjadwal, dan yang pasti mereka mengalami keterlambatan menuju pelabuhan," katanya.
Samsu berharap agar semua pihak mulai dari pengelola kawasan industri, Pemkab Karawang, Perum Jasa Tirta (PJT) dan Balai Besar Wilayah Sungai bersatu mencari penyebab banjir dan mencari solusinya. Keterlibatan Pemkab Karawang dan lembaga teknis, dinilai penting karena pengelola kawasan tidak bisa menyelesaikan sendiri. Apalagi taruhan dari banjir di kawasan industri ini adalah bisa mengancam iklim investasi, sehingga pemerintah perlu dilibatkan. "Harus segera dicarikan solusi agar tidak terjadi lagi bajir di kawasan industri, jika dibiarkan tentunya iklim investasi di Indonesia pasti terganggu. Makanya saya meminta pemerintah turun tangan, karena ini bukan masalah Karawang tapi sudah nasional. Perusahaan yang ada di kawasan ini perusahaan multinasional," katanya.
Sebelumnya, pada Jumat (11/11) kemarin kawasan industri Suryacipta kebanjiran setinggi 1 meter, akibat hujan deras yang mengguyur sejak siang hingga petang. (ops)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template