Ogah Kalah, Cilamaya Wetan Juga Mau Bikin Nadran Laut - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ogah Kalah, Cilamaya Wetan Juga Mau Bikin Nadran Laut

Ogah Kalah, Cilamaya Wetan Juga Mau Bikin Nadran Laut

Written By Mang Raka on Jumat, 11 November 2016 | 13.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Setelah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ciparagejaya Kecamatan Tempuran dan TPI Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon sukses menggelar Nadran Laut. Kecamatan Cilamaya Wetan yang memiliki 4 TPI, di dorong menggelar pesta syukuran laut serupa tahun depan.
Camat Cilamaya Wetan, Drs H Hamdani mengungkapkan, kesuksesan pesta laut yang diselenggarakan Ciparagejaya dan Pasirputih  menjadi pemacu agar sektor kelautan dan perikanan di Cilamaya Wetan juga mengikuti perhelatan syukuran atas hasil tangkapan ikan di laut tersebut. Sebab, dibanding kecamatan lain, sebenarnya Cilamaya Wetan potensial menggelar pesta laut, karena ada di 3 desa yang memiliki TPI baik hasil tangkapan ikan laut maupun tambak. Ia menyebut seperti TPI Praubosok dan TPI Satar di Desa Muarabaru, TPI Tangkolak di Desa Sukakerta, TPI Samudra di Muaralama merupakan TPI-TPI yang sebagiannya masih aktif. Hanya memang, sejauh ini pihaknya belum tahu detail terkait retribusi pemasukan ke TPI dari hasil tangkapannya maupun sirkulasi keuangan di lokasi-lokasi itu, apakah diiringi dengan perkoperasian atau tidak. "Kita dorong Cilamaya Wetan ini ada pesta laut tahun depan, karena banyak TPI sebenarnya, baik ikan tambak maupun lautnya," kata camat.
Lebih jauh Hamdani menambahkan, mendorong keseriusan wacana ini, pihaknya berencana memanggil semua stakeholder di TPI tersebut seperti manajernya, atau tokoh nelayan. Selain ingin membenahi keberlangsungan TPI, diharapkan juga bisa mnedukung wacana pesta laut yang konon tahun depan bisa serentak digelar di Karawang. Sebab, sebagian perahu-perahu nelayan juga terdapat di Tangkolak, Muarbaru dan Muaralama. "Kita berencana memanggil piha-pihak terkait di TPI untuk mendukung wacana pesta laut tahun depan ini," jelas dia.
Sebelumnya, Entoh Hendra Permana, Kepala UPTD Pelabuhan dan Pelayaran Dishubkominfo Karawang, mengungkapkan, pesta laut tahun depan diusulkan agar digelar serentak di hari yang sama, khususnya pelarungan kepala kerbau kepala laut dari setiap TPI. Sejauh ini diakui Entoh, TPI yang aktif menggelar nadran laut hanya 4 saja, karena selain retribusinya yang sebagiannya sudah berjalan, ke 4 pesisir ini juga aktif dalam menggelar nadran laut.
Ia merinci ke 4 TPI yang aktif nadran laut tersebut antara lain Pakisjaya, Sungaibuntu Pedes, Ciparagejaya Tempuran dan Pasirputih Cilamaya Kulon. Untuk wilayah Tengkolak dan ke arah timur sebenarnya sudah di wakili oleh Pasirputih, namun tidak menutup kemungkinan jika gabungan serentak tahun depan, semua TPI di ikut menyertakan semuanya dengan anggaran gabungan, mulai dari persentasi retribusi TPI, Dinas Kelautan Perikanan, Dishubkominfo dan Disbudpar Karawang. "4 yang aktif nadran laut, semoga bisa diikutkan semua bagi yang nadran laut tahun depan," jelas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template