Nikah di Karawang Gratis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nikah di Karawang Gratis

Nikah di Karawang Gratis

Written By Mang Raka on Sabtu, 05 November 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Nikah gratis yang diselenggarakan pemerintah melalui Kantor Urusan Agama (KUA) dan pelayanan-pelayanan KUA di balai-balai nikah, masih perlu disosialisasikan. Hingga saat ini masyarakat belum tahu kalau sebenarnya menikah itu tidak dipungut biaya.

"Layanan dan pelayanan KUA sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Tetapi diluar balai nikah atau diluar hari kerja jam kerja itu dikenakan biaya sebesar Rp 600.000," ucap Penghulu KUA Karawang Barat, H.Deni Firman Nur Hakim, Jumat (4/11) siang di kantornya. Penyelenggaraan nikah gratis, tambah Deni sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 66 Tahun 2014.
Deni sendiri tidak menampik, selama ini masyarakat belum mengetahui layanan menikah gratis yang diselenggarakan pemerintah melalui KUA. "Biaya nikah dan rujuk, menurut PP no 48 tahun 2014 di kantor KUA adalah Rp 0 (nol), kecuali diluar kantor KUA dan pada hari libur atau luar jam kerja dikenakan cas Rp 600.000 dan disetorkan langsung ke bank," ucap Deni.
Karenanya, Deni pun membenarkan penyelenggaraan nikah gratis ini masih perlu disosialisasikan. Terlebih hingga saat ini masih berkembang anggapan menikah pada hari-hari tertentu dan bulan-bulan tertentu. "Banyak masyarakat yang memandang bahwa menikah bagusnya dilakukan pada bulan-bulan tertentu saja. Seperti Syawal dan bulan haji. Namun hal itu ditemui hanya didaerah-daerah pesisir. Beda halnya dengan dikota, kebudayaan tersebut sudah mulai terkikis sedikit demi sedikit. Saya berharap disampaikan bahwa semua bulan baik atau dengan kata lain tidak ada bulan yang sial," ucapnya.
Sementara menurut ,H.Engkos Kosari, berbagai jenis pelayanan yang diberikan untuk masyarakat yang menginginkan untuk menikah itu tidak harus pusing untuk memikirkan bayar ke KUA, karena Banyak pelayanan yang disediakan dan tidak ada pungutan biaya sama sekali. "KUA bersih dari pungutan liar," ucapnya.
Ia juga mengatakan, jenis-jenis layanan gratis di berikan seperti di balai nikah (pada haridan jam kerja), pencatatan nikah hasil itsbat nikah dari PA, kursus calon pengantin (suscatin), pembuatan duplikat nikah, pembuatan rekomendasi nikah/numpang nikah keluar kecamatan, pembuatan keterangan untuk nikah diluar negri, pendaftaran surat bukti perkawinan WNI yang dilangsungkan di luar negeri dan pembuatan keterangan belum nikah.
Selain, sejumlah layanan gratis lainnya, seperti pembuatan keterangan ralat buku nikah, pembuatan taukil wali bil kitabah, legalisir buku nikah, konsultasi rumah tangga, bimbingan masuk islam, pembuatan akta ikrar wakaf (AIW)/APAIW dan bimbingan manasik bagi jamaah haji reguler. Selain bimbingan kemasjidan, bimbingan keluarga sakinah, bimbingan penerangan agama islam, konsultasi zakat dan wakaf, pengukuran arah kiblat serta layanan data keagamaan. (mg2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template