Muara Kembali Dangkal, Proyek Pengerukan Mubazir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Muara Kembali Dangkal, Proyek Pengerukan Mubazir

Muara Kembali Dangkal, Proyek Pengerukan Mubazir

Written By Mang Raka on Kamis, 03 November 2016 | 13.30.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Pengerukan di muara laut akibat pendangkalan, ternyata tidak seefektif yang dibayangkan. Anggaran besar yang acap kali digelontorkan ke Balai Besar Waduk dan Sungai (BBWS) untuk pengerukan muara, hanya mampu termanfaatkan selama kurang dari setahun saja. Faktor alam membuat pendangkalan kembali terjadi.
Sekretaris Desa Sukajaya Ahmad Saehu mengatakan, anggaran besar BBWS menjadi mubadzir jika pelaksanaannya di muara. Tak ubahnya seperti proyek tahunan yang menggiurkan, sekali dikeruk, tak lama pendangkalan lagi. Sementara dalam satu kali mengeruk lumpur dan pasir, dibutuhkan anggaran Rp 800 juta seperti pekerjaan di bulan April lalu. Bahkan sempat menuai komplain soal volume. Baginya, sangat disayangkan uang besar tapi terbuang percuma karena alam tak bisa disalahkan. "Gak efektif, baru dikeruk April, sekarang sudah dangkal lagi, padahal sudah habis Rp 800 jutaan tuh," kata dia.
Saehu menambahkan, harusnya, untuk menekan pendangkalan bisa dengan alat mesin sedot lumpur. Biarpun sewa dari tengkolak, anggarannya pun bisa lebih hemat. Daripada anggaran besar, selalu sia-sia hasilnya sementara uang melayang.
Andai saja, anggaran sebesar itu bisa dibangunkan infrastruktur lain seperti jalan, turap dan infrastruktur lainnya, mungkin bisa lebih efektif dibanding pengerukan sekali, dangkalnya berkali-kali. Apalagi, kemarin, dari anggaran itu, kabarnya mengeruk lebih dari 1,2 kilometer. Padahal, proyek di laut, diajukan atau tidak, kadang-kadang datang sendiri dan anehnya selalu mulus. "Lebih baik dialihkan ke saluran pembuang saja, sayang kalau ngeruk panjang, dangkalnya juga cepat," saran dia. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template