Minat Baca Pelajar Dipacu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Minat Baca Pelajar Dipacu

Minat Baca Pelajar Dipacu

Written By Mang Raka on Sabtu, 05 November 2016 | 12.30.00

MAJALAYA, RAKA – Menggembirakan. Minat baca dikalangan pelajar SMPN 2 Majalaya mengalami kenaikan. Sebanyak 650 buku berbagai judul disediakan pihak pengelola perpustakaan sekolah dalam mempasilitasi para siswa dalam membaca. Sementara  jumlah siswa yang  melakukan aktifitas membaca setiap harinya mencapai 100 orang.

Pengelola perpustakaan Sekolah, Ida Maryani Siagian mengatakan, program interasih yang menjadi program pemerintah saat ini, telah mampu meningkatkan kebiasaan para siswa yang ada disekolah tersebut dengan meningkatkan kebiasaan membaca dilingkungan sekolah. “Program jumat Baca (Jumba) dimana dalam merealisasikan program interasih disekolah, berjalan efektif untuk siswa disini dalam merangsang siswa untuk terus membaca,” terangnya, kepada Radar Karawang saat ditemui di ruang perpus. Jumat (4/11).
Ida melanjutkan, tingginya minat baca para siswa di SMPN 2 Majalaya dalam 3 bulan terakhir, tercatat siswa yang melakukan aktifitas membaca setiap harinya kian membengkak. “Siswa membaca saat jam istirahat dan jam pulang sekolah, kurang lebih 100 siswa dalam sehari yang membaca di perpus,” tuturnya.
Bahkan, dengan tingginya minat baca di kalangan pelajar SMPN 2 Majalaya, mengharuskan pengadaan buku untuk memfasilitasi para siswa dilakukan pihak sekolah. Hal tersebut agar tetap mampu menjaga semangat para siswa dalam aktifitas membaca. “Untuk buku bacaan kami sudah tambah lagi, kurang lebih 50 buku umum, biar siswa bisa membaca beragam buku nantinya,” paparnya.
Ia menambahkan, rencana akan diadakannya program perpustakaan kelas diperuntukan dalam menekan tingginya siswa dalam membaca buku diperpustakaan sekolah. Hal tersebut dikarenakan, padatnya siswa yang mendatangi ruang perpustakaan. “Sebelum ada program interasi, sempat sepi nya siswa yang membaca. Tapi kini sudah banyak, kami pun rencananya nanti akan menyimpan buku di rak kelas nanti, kalau jumlah buku minimal sudah diatas seribu buku yang beragam bacaan,” ucapnya.
Pengurus OSIS SMPN 2 Majalaya, Rifky Dwi Aprilian siswa kelas Sembilan (IX), mengatakan, kebiasaan membaca yang dilakukan para siswa dilingkungan sekolahnya, kini sudah mulai tinggi. Karena, dengan adanya program jumba yang diadakan pihak sekolah mampu merangsang siswa dalam melakukan aktifitas membaca. “Iya sekarang siswa disini sudah terbiasa membaca, jadi setiap hari selalu penuh perpusnya,” ujarnya.
Ia berharap, dengan adanya penambahan buku yang dilakukan pihak sekolah, mampu memfasilitasi para siswa yang sudah mulai terkontaminasi dengan kebiasaan membaca. “Buku buku sudah ditambah pihak pengelola perpus, kebanyakan buku umum,” ucapnya.
Ditempat yang sama, Vina Padila siswi kelas Sembilan (IX), menuturkan, sebelumnya aktifitas membaca dirasakan sangat jauh dari yang sekarang. Karena, untuk melakukan aktifitas membaca memang dirasakan begitu membosankan. “Dulu itu kalau baca buku males, tapi sekarang buku sudah kebanyakan buku umum, ditambah sekarang itu aku sudah terbiasa membaca,” katanya.
Asiknya melakukan aktifitas membaca, lanjut dia, sangat perlu dipertahankan dalam menjaga stabilitas semangat. Hal tersebut, agar nantinya tradisi membaca dapat terus menggurita dari generasi ke regenarasi. “Kami akan pertahankan semangat membaca, apalagi mumpung masih duduk dibangku smp, ternyata membaca itu sangat menyenangkan,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template