Lisdes 1.300 Watt - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Lisdes 1.300 Watt

Lisdes 1.300 Watt

Written By Mang Raka on Kamis, 24 November 2016 | 12.00.00

-Beban Warga Miskin Semakin Berat

BANYUSARI, RAKA - Program listrik desa menjadi kabar gembira bagi warga miskin yang rumahnya masih gelap. Tetapi ada kabar yang cukup menghawatirkan, pasalnya voltase KWH yang akan dipasang adalah 1.300 watt.
"Yang dapat lisdes kalau gak salah ada empat desa, salah satunya Desa Gembongan. Kalau lisdes dipasangnya yang 1300 volt itu pasti sangat memberatkan warga (miskin)," ujar Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Banyusari yang juga Kepala Desa Gempol, Agus Subhan SE kepada Radar Karawang, Rabu (23/11).
Bagi warga yang berada dibawah garis kemiskinan, kata Agus, jangankan untuk membayar beban listrik, untuk memenuhi kebutuhannya saja cukup kelimpungan. "Yang menerima lisdes itukan tentunya warga miskin. Bagi mereka yang penting rumahnya gak gelap saja sudah cukup. Gak mungkin pakai segala macam yang harus menggunakan listrik," ujarnya.
Berbeda dengan warga yang memiliki penghasilan lebih. Itu sudah mulai menggunakan alat-alat rumah tangga yang harus didukung dengan voltase listrik yang besar. "Kalau seperti saya misalkan, kebutuhannya banyak (untuk listrik). Maka memang harus menggunakan kwh dengan voltase yang besar. Untuk warga miskin, kayaknya cukup dengan yang 450 volt juga," jelasnya.
Sama halnya disampaikan oleh Kepala Desa Balonggandu, Kecamatan Jatisari, Suhana. Jika warga miskin harus menggunakan kwh 1.300 volt. Mereka dipastikan akan kesulitan membayar. Karena beban perharinya saja itu besar, meski tidak digunakan sama sekali. "Punya saya saja yang 900 (volt), bayaran perbulannya lebih dari Rp 100.000. Apalagi yang 1.300 volt. Itu bisa dibandingkan seperti apa," ujarnya.
Manajer PLN Rayon Cikampek H Nana Suryana enggan mengomentari hal itu. Menurutnya, PLN hanya sebagai pelaksana kebijakan pemerintah.
Meski demikian, PLN Rayon Cikampek akan memasang lisdes 1.741 pelanggan di 8 kecamatan, dan 24 desa. "Nanti hari Jumat ada sosialisasinya di Kantor Camat Cikampek soal lisdes," ujarnya.(zie)


Program Lisdes Rayon Cikampek
1.741 rumah tangga miskin
8 kecamatan
24 desa

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template