Lestarikan Budaya Membaca - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Lestarikan Budaya Membaca

Lestarikan Budaya Membaca

Written By Mang Raka on Kamis, 24 November 2016 | 12.00.00

MELESTARIKAN budaya membaca untuk meningkatkan pengetahuan dan memupuk kualitas dirinya di bidang keilmuan yang digeluti, memang itu yang mesti dilakukan. Selain itu, budaya membaca menjadi salah satu upaya penunjang para mahasiswa dalam menambahkan referensi untuk bekalnya nanti ketika hendak menjalankan profesinya.

Hal ini diungkapkan Ahmad Taupik, mahasiswa Bina Cipta Madani dalam obrolannya bersama Radar Karawang, Rabu (23/11), saat ini mulai terkikis ketertarikan mahasiswa dalam hal membaca buku-buku yang menjadi penunjangnya dalam pembelajaranannya. Padahal diketahui bersama buku adalah jendelanya ilmu. Akan tetapi saat ini kebiasaan membaca sudah tidak lagi terlihat dilakukan mahasiswa pada umumya. “Kita lihat saja, tidak sedikit mahasiswa saat ini senang membaca, sehingga dalam kualitas kemampuannya pun seperti setara dengan kemampuan anak SMP. Padahal yang namanya membaca sudah diwajibkan untuk salah satu upaya menambah wawasan para mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dirinya,” terang dia.
Dia melanjutkan, sehingga dalam kemampuan pengetahuannya pun, mahasiswa/i saat ini, sudah ternina bobokan dengan perkembangan teknologi yang kian canggih. Ketika mencari referensi pun hanya cukup mencari melalui browsing saja. Hal itu menjadikan jiwa pragmatis dan ketergantungan yang serba instan terjadi. “Sekarang itu, teknologi sudah canggih dan itu menjadi penunjang mereka dalam mencari sumber-sumber referensi, jadi ya minim sekali saya lihat yang baca buku,” katanya.
Harusnya ditambahkan dia, kemajuan teknologi mestinya tidak menjadikan mahasiswa menjadi malas untuk membaca. Hal tersebut seharusnya bisa lebih memicu mereka dalam membaca buku-buku yang menjadi studi keilmuan yang sedang digelutinya. Akan tetapi, saat ini tidak sedikit yang masih tetap melakukan kebiasaan membaca dalam setiap harinya, sehingga mengharuskan untuk segera menyukai membaca agar nantinya bisa menjadikan mereka lebih berkualitas. ”Seharusnya teknologi yang saat ini canggih  bukan untuk menjadikan mereka bermalas-malasan membuka buku-buku yang berlimpah pengetahuan nantinya, sehingga diharapkan dengan terus membiasakan diri dengan membaca, mereka pun akan mampu menjadi para insan yang berkualitas,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template