Lawan DBD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lawan DBD

Lawan DBD

Written By Mang Raka on Senin, 07 November 2016 | 14.00.00

-Warga Balonggandu dan Jatiragas Bersih-bersih

JATISARI, RAKA - Sadar nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan 9 warga Desa Pacing bisa meneror siapa pun, warga Kampung Kertajaya, Kampung Kertamulya dan warga Perum Bumi Cikampek Baru, Desa Balonggandu, Kecamatan Jatisari, gencar melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).
Kepala Desa Balonggandu, Suhana mengatakan, bersih-bersih lingkungan yang dilakukan warganya, sebagai langkah antisipasi meluapnya air hujan ke pemukiman, akibat saluran drainase yang tersumbat sampah. Seperti dilakuan warga Perum Bumi Cikampek baru di lingkungan RT 13/07, RT 08/08, sedangkan warga kampung Kertajaya RT 02/04 melakukan perbaikan turap yang roboh, akibat tergerus luapan air dari area pesawahan dengan material seadanya. "Warga kami sudah sangat menyadari bahwa kebersihan lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan masyarakat. Kami khawatir DBD kembali menyerang warga," ujar Suhana kepada Radar Karawang, Minggu (6/11).
Kerja bakti yang dilakukan oleh warga, kata Suhana, selain berhasil membersihkan selokan dari sampah dan sarang nyamuk, juga membuat saluran drainase menjadi lebih lancar. "Saya sangat mengapresiasi langkah warga untuk menjaga kesehatan lingkungan," ujarnya.
Ia melanjutkan, perbaikan turap yang roboh di Dusun Kertajaya, pihaknya akan menggunakan bambu lalu ditimbun menggunakan tanah yang dimasukan dalam ratusan karung. "Diperbaiki secara permanen tahun 2017. Kalau sekarang belum bisa, karena membutuhkan anggaran cukup banyak," ungkapnya.
Hal serupa juga dilakukan warga Jatiragas. Kepala Desa Jatiragas, Dedi Sudrajat mengatakan, kegiatan ini bukan hanya membersihkan lingkungan saja, tapi lebih mendekatkan tali silaturahmi dan meningkatkan gotong royong sesama perangkat desa. Mulai dari para kepala dusun, ketua RW dan RT yang ada di wilayahnya, Binmas Polri dan Babinsa AD juga mengikuti kegiatan tersebut. "Kegiatan bersih-bersih ini sudah menjadi kegiatan rutin bagi kami yah. Ini merupakan kegiatan yang meningkatkan sikap gotong royong warga," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template