Kurtilas di Karawang Barat 2017 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kurtilas di Karawang Barat 2017

Kurtilas di Karawang Barat 2017

Written By Mang Raka on Senin, 14 November 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Sebanyak 19 Sekolah Dasar di Karawang Barat siap melaksanakan Kurikulum 2013 (Kurtilas) tahun ajaran 2016-2017 mendatang. Terlebih untuk saat ini, semua guru kelas 1 dan 4 dari 19 sekolah tersebut sudah mengikuti pelatihan kurtilas.

Kepala UPTD Karawang Barat Sugiyadi mengatakan, hasil pelatihan yang dilakukan pada 31 September dan berakhir 11 Oktober lalu itu, dapat dipastikan semua guru sudah memahami dengan baik bagaimana cara penerapan kurtilas. Karena sebelumnya sudah ada beberapa guru yang telah mengikuti pelatihan yang sama di tempat yang berbeda. "Ini adalah program pemerintah, bahwa 2018 mendatang semua sekolah harus sudah melaksanakan kurtilas," katanya.
Bagi dia, semua guru yang telah mengikuti pelatihan akan kembali mengikuti pelatihan yang sama. Karena masih ada beberapa guru yang merasa belum puas dengan pelatihan tersebut. Hal tersebut, kata dia, bukan karena pematerinya yang tidak mumpuni, namun karena rentang waktunya yang pendek. "Pematerinya itu para pengawas atau instruktur kabupaten, mereka adalah orang yang berkompeten, namun jika pelatihannya sebentar dan materinya cukup banyak. Maka tidak menutup kemungkinan guru masih belum puas. Makanya nantinya akan ada pelatihan selanjutnya," ucapnya.
Sedangkan untuk SD lainnya, kata dia, akan mulai melaksanakan kurtilas 2017 mendatang. Sehingga semua SD yang ada di Karawang Barat akan melaksanakan kurtilas tepat pada waktunya. "Kita ada 47 SD negeri dan swasta. Semuanya pasti akan kita bina dan didik dengan baik tanpa pandang bulu. Namun karena pemerintah memberikan alokasi dana pelatihanya untuk 19 sekolah saja, makanya sisanya menyusul," tuturnya.
Sementara itu, Instruktur Kabupaten Karawang yang juga pemateri dalam kegiatan, H Nacep mengatakan, bahwa kegiatan pendampingan kurtilas ini berfungsi untuk mengevaluasi sejauh mana para guru memahami kurtilas dan mensosialisasikan adanya beberapa perubahan dalam kurtilas terbaru. "Jadi kami ada sistem IN dan ON dalam pendampingan ini, di mana maksudnya 3 hari materi 3 hari praktek. Sehingga guru bisa memahaminya secara utuh," katanya.
Dia berharap, bagi para guru yang telah mengikuti pendampingan tersebut, bisa menyampaikan dan mendiskusikan dengan guru lainnya. Baik dalam forum guru ataupun KKG. "Untuk saat ini sekolah di Karawang masih belum bisa dikatakan kurang ideal, karena masih ada yang jumlah siswanya lebih dari 40 bahkan mencapai 56 siswa setiap kelasnya," ungkapnya.
Sehingga, kata dia, hal tersebut akan mempengaruhi proses pembelajaran. Akan banyak siswa yang tidak terpantau oleh para guru, karena satu orang guru seharusnya hanya membina 28 siswa atau paling banya 32 siswa saja. "Saya harapkan, ini bisa menjadi perhatian pemerintah, agar RBKB setiap sekolah bisa ditambah sehingga jumlah siswa setiap kelasnya bisa ideal," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template