KUA Sering Tidak Dianggap - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KUA Sering Tidak Dianggap

KUA Sering Tidak Dianggap

Written By Mang Raka on Sabtu, 12 November 2016 | 16.00.00

-Mayoritas Pasangan Cerai Langsung ke Pengadilan Agama

RENGASDENGKLOK, RAKA - Angka perkawinan dan perceraian di Rengasdengklok mengalami penurunan tahun ini. Hal ini bisa dilihat dari perbandingan data antara tahun lalu dengan saat ini. Selain menurun, mereka yang bercerai pun memilih langsung berproses di Pengadilan Agama tanpa melalui Kantor Urusan Agama.
Adi Imraon Amrulloh S.Ag selaku penghulu di Kantor Urusan Agama (KUA) Rengasdengklok menjelaskan tahun ini hanya ada 851 pasangan suami istri (Pasutri) yang menikah. Selisih yang cukup lumayan jauh dibandingkan tahun kemarin yang tercatat 1007 Pasutri. "Entah faktor apa yang menyebabkan penurunan ini, yang pasti KUA selalu siap melayani," katanya saat disambangi Radar Karawang, Jumat (11/11) kemarin.
Selama 6 bulan bekerja di KUA Kecamatan Rengasdengklok, tambah Adi, tercatat 5 pasutri yang mengadu dan berkonsultasi masalah perceraian. Badan Penasihatan Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4) mengaku sangat jarang didatangi pasutri yang hendak bercerai. Kemungkinan pasutri langsung beranjak ke pengadilan agama tanpa berkonsultasi dulu dengan KUA. "Idelanya pasutri yang sedang ada problem rumah tangga itu berkonsultasi dulu ke BP4. Namun, mayoritas warga Kecamatan Dengklok menyelesaikan perceraian tanpa berkonsultasi lebih dahulu ke KUA, karena sudah dianggap mantap untuk bercerai," tuturnya.
Sosialisasi sudah dilakukan pada pasutri yang hendak bercerai untuk mengadukannya kepada KUA. BP4, kata dia, berwenang dan berkewajiban membantu, menerima pengaduan, dan membantu menyelesaikan problem rumah tangga mereka supaya rumah tangga kembali harmonis. "Mestinya pasangan pasutri yang hendak bercerai minimal memberi kabar, tapi dari ke 5 pengaduan tidak ada kabar lagi, lost kontak. Padahal setiap konsultasi saya selalu memberi nomer hanphone," tandasnya. (mg3)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template