Konsumsi Mie Instan 4 Hari, Pengungsi Kurang Gizi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Konsumsi Mie Instan 4 Hari, Pengungsi Kurang Gizi

Konsumsi Mie Instan 4 Hari, Pengungsi Kurang Gizi

Written By Mang Raka on Jumat, 18 November 2016 | 18.11.00

KARAWANG, RAKA - Walaupun hujan tidak turun satu hari terahir, namun air luapan Sungai Citarum masih menggenangi rumah-rumah warga di Kabupaten Karawang. Di Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat misalnya, ketinggian air nyaris menyentuh atap rumah.
Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, sedikitnya 885 rumah terendam dan 2.900 orang masih mengungsi.
Lurah Tanjungpura, Suryadi mengatakan, sudah empat hari warganya mengungsi di masjid, tanggul gili-gili dan kantor PDIP. "Masyarakat sikapi musibah dengan sabar, dan jangan gampang emosional," ungkapnya kepada Radar Karawang, Kamis (17/11) kemarin.
Seorang warga, Yanto (45) mengatakan, selama empat hari dilanda banjir, Pemerintah Kabupaten Karawang tidak sigap mengevakuasi warganya. Ia mencontohkan, di tempat pengungsian hanya mengkonsumsi mie instan. "Banyak anak-anak yang sakit," ujarnya.
Senada dikatakan Tasah (40), bantuan yang diterima pengungsi hanya satu kali. Itupun hanya mie instan dan air mineral. "Mudah-mudahan pemerintah betul-betul mengupayakan penanganan supaya tidak banjir," ujarnya.
Kepala Puskesmas Klari Memet Kormarudin mengatakan, jika terus menerus mengkonsumsi mie instan, akan terserang radang tenggorokan. "Jangan setiap hari, berbahaya untuk kesehatan," ungkapnya.
Pakar Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), Ali Khomsan mengatakan, mie instan tidak mengandung gizi yang cukup, meski bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. "Mie instant yang telah kita kenal hingga saat ini, memang cukup aman untuk dikonsumsi, namun tidak mengandung gizi yang cukup. Pasalnya, mie instan yang mengandung karbohidrat dan zat tenaga, dengan kandungan protein yang kadarnya relatif rendah,' ungkap Ali.
Menurutnya, kandungan gizi yang terdapat di dalam mie instan tidak setara dengan makanan pokok lainnya. Sebut saja, lanjut Ali,  makanan lengkap yang memenuhi empat sehat lima sempurna. Lantas, apakah mie instan cukup aman dikonsumsi setiap hari jika bisa digunakan sebagai pengganti nasi? Ali menjawab, mie instan boleh dikonsumsi hingga 2-3 kali seminggu. Namun, tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari, mengingat makanan cepat diserap oleh tubuh bisa meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan kolestrol.
Untuk diketahui, sumbangan gizi dalam satu porsi mi instan dengan berat bersih 75 gram, adalah sekitar 8 gram protein, 45 gram karbohidrat, 15 gram lemak, serta sejumlah protein dan vitamin. Sehingga, total energi yang diperoleh sekitar 350 kilokalori energi. (mg2/psn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template