Karate dan Pramuka Ekskul Favorit SMK Ristek dan Perbankan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karate dan Pramuka Ekskul Favorit SMK Ristek dan Perbankan

Karate dan Pramuka Ekskul Favorit SMK Ristek dan Perbankan

Written By Mang Raka on Senin, 14 November 2016 | 14.30.00

KUTAWALUYA, RAKA - Penampilan ekstrakulikuler karate saat gebyar penggalang pramuka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ristek dan Perbankan Indonesia, tidak hanya diikuti pelajar pria, pelajar putri pun ikut berpartisipasi.
Apandi S.Pd Selaku pelatih dan pembina ekskul Karate di SMK Ristek dan Perbankan Indonesia menjelaskan, selain meningkatkan kedisiplinan dan mental siswa, karate ini dinilai olahraga yang bisa menjaga dan menguasai diri dengan baik. "semua tertera pada panca dharma kesatria Bandung Karate Club (BKC) yang terdiri dari jujur, membela yang benar, berprestasi, bisa menguasai diri, bisa menjaga nama baik sekolah dan perguruan karate," katanya kepada Radar Karawang, Sabtu (12/11).
Adapun prestasi yang telah dicapainya, sambung Apandi, lumayan terbilang banyak, dari mulai juara umum kelas komite se-cabang Karawang 2015 dan 2016, kejuaraan wilayah 2015 Jawa Barat 4 dengan 1 medali emas, 1 perak, 2 perunggu. Juara O2SN 2016 dengan 3 perak, 1 perungu. "Sebenarnya masih banyak lagi," tambahnya.
Apandi berharap lebih banyak siswa yang berminat dan ikut berprestasi di ekskul karate ini. Sekarang baru ada 20 siswa/siswi aktif yang ikut tergabung dalam ekskul karate. "Ekskul karate merupakan olahraga yang sudah mendunia, selain bisa untuk menjaga diri, mannfaat buat kesehatan juga banyak." tandasnya.
Selain karate yang mempunyai nama, SMK Ristek dan Perbankan juga sedang fokus melakukan pengembangan Pramuka. Menurut Drs Darsono MM menjelaskan kepada Radar Karawang, kegiatan tambahan ini akan terus digalakkan. Karena selain pembelajaran dalam kelas, siswa juga dituntut untuk disiplin. Masalah otak nomor sekian, hal yang paling utama harus di terapkan oleh siswa yaitu kedisplinan dan menanamkan karakter yang harus di bangun sejak awal. "Kunci itu disiplin, baik, dan ikut aturan yang di tetapkan di sekolah. Selain itu, gurunya juga harus lebih kreatif untuk membuat siswa tidak cepat bosan dalam belajar" katanya.
Dari kegiatan ekskul yang disediakan pihak sekolah, tambah Darsono, pramuka penegak SMK Ristek dan Perbankan Indonesia menggelar kegiatan 'Gebyar Penggalang' dengan mengajak seluruh penggalang Gugus Depan (Gudep) se-wilayah Kecamatan Rengasdengklok. "Namun peserta belum banyak, mengingat kegiatan ini baru merintis," tambahnya.
Kegiatan ini murni inisiatif dan kreatif siswa, pembina dan pelatih tidak ikut campur namun tetap melakukan pemantauan. Jadi yang digalakkan dalam kegiatan ini yaitu kematangan dan kemandirian daripada penegak pramuka. Siswa di intruksikan dan menanamkan kemandirian untuk hidup mandiri tanpa ketergantungan. "Prestasi alhamdulillah, sponsor pun dari anak-anak, pembina hanya memonitoring saja, hasil dari inisisatif dan kreatif siswa aja," tukasnya.
(mg3)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template