Jembatan Ciparage Segera Dibangun Ulang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jembatan Ciparage Segera Dibangun Ulang

Jembatan Ciparage Segera Dibangun Ulang

Written By Mang Raka on Senin, 07 November 2016 | 13.00.00

-Bupati: Tim Sudah ke Lokasi

TEMPURAN, RAKA - Ambruknya jembatan Ciparagejaya Jumat dini hari (4/1), sempat membuat 30 persen nelayan ciparagejaya terhenti melakukan aktivitas melaut. Namun, berselang sehari, reruntuhan material jembatan sepanjang 80 meter itu sudah berhasil diangkut di muara sungai Cibulan- bulan. Nelayan yang sempat terhadang reruntuhan, sudah kembali beraktivitas melaut seperti biasa.
Ketua Rukun Nelayan (RN) Ciparagejaya, Miscu mengatakan, Sabtu pagi, sejumlah reruntuhan jembatan yang jatuh di muara sungai Cibulan-bulan, sudah diangkut dengan alat berat. Para nelayan yang sebelumnya 30 persen terhenti aktivitasnya karena terhadang material, sudah kembali melaut. "Sudah diangkut dan nelayan kembali beraktivitas normal," kata dia.
Senada dikatakan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Karawang, Jejen Zaenal Mutakin, ia memastikan para nelayan beraktivitas normal seperti biasa, karena upaya pengangkutan material jembatan runtuh sudah cepat dilakukan. Bahkan kabarnya mulai mendapat respon untuk dibangunkan kembali. "Sudah kembali beraktivitas nelayan mah, alhamdulillah," kata mantan Manajer TPI Ciparagejaya ini.
Sebelumnya, Kepala Desa Ciparagejaya, Kabun Spd.I mengatakan, paska jembatan ambruk akses yang putus bisa terantisipasi sementara menggunakan sampan, baik anak-anak sekolah dari Dusun Mangunkarya-Muara, pedagang dan lainnya.
Ia berharap, Pemkab Karawang agar membangun segera jembatan penggantinya, bahkan Kabun menyebut, keinginannya bisa teranggarkan seperti jembatan Tempuran dan Jembatan Turi, yakni diatas Rp 3 Miliar. Karena panjangnya jembatan yang direncanakan dipindahkan di depan TPI itu menjadi 100 meter, dan diperlebar dari semula 2 meter menjadi 3 meteran untuk mempermudah kendaraan bongkar muat balok es. "Semoga saja bisa cepat terealisasi, dari nol lagi," kata dia.
Bupati Karawang, Cellica Nurachdiana menyebut, 2 jembatan darurat yang harus segera dibangun akan diprioritaskannya. Keduanya itu selain Jembatan Neglasari Desa Wanakerta Kecamatan Telukjambe Barat dan Jembatan Ciparagejaya Kecamatan Tempuran, karena sangat dibutuhkan, pihaknya sudah menurunkan tim untuk cek lokasi di Ciparagejaya langsung saat dikabari ambruknya jembatan tersebut. "Insya Allah akan dibangun ulang dan tim saat ini sudah turun ke lokasi, " singkat dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template