Jalan Penghubung Antar Kecamatan Masih Rusak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalan Penghubung Antar Kecamatan Masih Rusak

Jalan Penghubung Antar Kecamatan Masih Rusak

Written By Mang Raka on Jumat, 11 November 2016 | 20.02.00

KARAWANG, RAKA - Persoalan infrastruktur jalan di Kabupaten Karawang tidak pernah tuntas. Satu titik jalan ditambal, jalan yang lain kembali rusak.
Seperti yang terjadi di akses jalan utama Muarabaru-Rawagempol Wetan, Kecamatan Cilamaya Wetan. Kondisi jalan semakin parah setelah truk dan pick up pengangkut puluhan ton gabah, semakin sering melintasi jalan sepanjang 2 kilometeran tersebut.
Kades Rawagempol Wetan, H Udin Abdul Gani mengaku sudah berkordinasi bersama Pemerintah Desa Muarabaru, agar sama-sama menjatah para calo gabah untuk pengarugan sirtu jalan. "Kita kerahkan poldes (polisi desa) saat sedang panen, agar mendapati sumbangan pembangunan akses jalan yang rusak," pungkasnya, Kamis (10/11).
Hal serupa juga terjadi di jalan poros Desa Kalijati, Kecamatan Jatisari. Meski sudah diperbaiki sebagian, kondisi jalan itu semakin parah seiring musim hujan. Kepala Desa Kalijati, Deni Supriatna, meminta agar pemerintah daerah bisa segera menuntaskan infrastruktur jalan yang masih rusak. "Untuk jalan poros desa sisanya sekitar 50 persen lagi. Kami juga terus melakukan komunikasi dengan pemda, untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur jalan yang ada," ujar Deni.
Sementara warga Desa Jatibaru menanam pot tanaman di jalan rusak. Merasa kesal karena jalan sepanjang Jatibaru-Cilamaya tidak pernah diperbaiki. Menurut mantan Kepala Desa Jatibaru, Ahmad Sururi, kondisi jalan raya Jatiragas-Jatibaru ke arah Cilamaya banyak aspal yang terkelupas berdiameter lebar. Sehingga kondisi lubang aspal jalan tersebut membahayakan para pengguna jalan. "Pemerintah Kabupaten Karawang harus peka. Sepanjang jalan Jatiragas-Jatibaru-Cilamaya kondisi jalannya rusak, perlu segera dilakukan perbaikan. Ini sangat membahayakan pengguna jalan," ujarnya.
Kerusakan jalan yang cukup parah juga terlihat di Jalur Lemahabang Wadas-Tirtasari-Pawarengan. Di sepanjang Kantor Camat Lemahabang sampai Kantor Desa Karangtanjung misalnya, kondisi jalan sudah lama rusak parah. Begitupun jalan yang menghubungkan Desa Karangtanjung dengan Desa Pasirtanjung. Kondisinya memprihatinkan. Jika kering berdebu, jika hujan terlihat seperti kubangan. Sejumlah warga di jalur tersebut menambal jalan dengan tanah agar lubang tidak terlalu menganga. Namun ada pula warga yang menutupi jalan dengan ban bekas hingga pohon pisang.
Sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Karawang Acep Jamhuri mengakui, saat ini terdapat sekitar 100 titik jalan rusak. Pihaknya menggunakan dana perawatan jalan, untuk memperbaiki jalan-jalan berlubang. "Perbaikan belum optimal. Kami juga semakin banyak menerima keluhan masyarakat," ungkapnya. (zie/rud/dri/psn)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Jalan penghubung kabupaten aj masih rusak jln kamojing(karawang)sampai jln desa cinangka(purwakarta).sedang kan jln cinangka geus mulus euy.... Kpn nie nie jln karawang.... Tolong dong perhatikan....

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template