Irigasi 3 Kecamatan Mulai Dibersihkan Waker - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Irigasi 3 Kecamatan Mulai Dibersihkan Waker

Irigasi 3 Kecamatan Mulai Dibersihkan Waker

Written By Mang Raka on Jumat, 04 November 2016 | 14.30.00

RAWAMERTA, RAKA - Pengamat pegairan Rawamerta mengadakan gerakan bersih-bersih di saluran irigasi Bendungan Ranggon (BR) 4 di Desa Sukapura Kecamatan Rawamerta. Aksi ini dimulai dari titik BR 0 yang berada di Dusun Ciranggon Desa Sarijaya Kecamatan Majalaya sampai dengan BR 13 yang berada Dusun Kedungsoga Desa Mekarpohaci Kecamatan Cilebar, dengan mengerahkan 25 waker dari berbagai desa.
Jaya selaku pengamat pengairan Rawamerta menjelaskan kegiatan ini biasa dilakukan seminggu 2 kali. Mengingat petani akan memulai kembali dengan rutinitas percepatan tanam padi. Secara otomatis membutuhkan pasokan air yang cukup. "Kita adakan gerakan ini tidak lain untuk membantu kelancaran tanam padi petani, juga membersihkan saluran. Karena dikhawatirkan menyumbat saluran air juga," ujarnya.
Selain hari Senin dan Kamis, sambung Jaya, waker diharuskan melakukan kegiatan kebersihan di daerahnya masing-masing. Apalagi saat ini sudah masuk musim hujan yang akan datang, kuota air tidak bisa diprediksi dengan mengandalkan perkiraan. "Kita upayakan pembersihan dari sekarang untuk mencegah banjir atau bencana lainnya," tambah dia.
Kegiatan bersih-bersih ini juga mengikutsertakan anggota Perlindungan dan Pengawetan Alam (PPA) Jatiluhur dan pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Mulyadi (33). Namun tugasnya hanya mengamati dan membantu operasional saja. "Saya hanya memenuhi panggilan dari pengamat pengairan untuk membantu melancarkan kegiatan kebersihan," tuturnya. (mg3)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template