Harga Semua Jenis Pisang Anjlok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Harga Semua Jenis Pisang Anjlok

Harga Semua Jenis Pisang Anjlok

Written By Mang Raka on Senin, 07 November 2016 | 13.30.00

TEGALWARU, RAKA - Harga pisang mengalami kemerosotan sejak seminggu terakhir ini. Itu terjadi karena pengaruh hujan yang saat ini tinggi. Sementara untuk menyiasati anjloknya harga mereka terpaksa memutuskan untuk panen bersama.

Saat ini di Pasar Loji saja, hampir setiap hari pisang yang di produksi di wilayah itu sudah tidak lagi di tampung oleh para pembeli pisang di kios-kios karena sudah kelebihan jumlah. Tapi masih ada saja pembeli yang mau mengakomodir pisang yang di jual petani tergantung jenis pisang yang di tawarkan. Harga pun alami anjlok karena situasi panen bersama itu lah membuat harga beli alami penurunan yang cukup tajam.
Wasim (37) petani pisang dari Kampung Parakanbadak, Desa Mekarbuana mengakui pisang hasil panen yang kini menumpuk di gudangnya belum bisa keluar karena belum ada peminat dari berbagai pasar yang menjadi target jual nya. Padahal satu bulan sebelum nya harga pisang jauh lebih baik. Menurutya panen bersama picu harga jatuh bahkan hingga kesulitan mencari pembeli di pasaran.
"Biasanya setelah saya telepon teman saya atau pembeli di pasar manapun sudah tidak susah lagi saya jual tapi sekarang kemungkinan panen bareng dari berbagai wilayah termasuk dari luar Karawang juga jadi harga pisang pun belum bisa di taksir serius oleh pemilik kios.Dan sementara supaya pisang saya engga percuma maka saya jual di ecer langsung ke pembeli," ucapnya.
H.Nana (46), pengecer pisang di Pasar Loji, menerangkan varian yang sekarang di beli nya hanya pisang yang dengan kualitas lebih baik. Tapi dirinya akui menjual berbagai jenis pisang dan dirinya memang mengakui beberapa petani sudah menjadi langganan tetap nya yang selalu di terima walau dengan kondisi apapun. "Walaupun sekarang panen bersama dan harga alami penurunan akan tetapi jika langganan saya akan tetap saya terima karena mengingat mereka sudah menjalin kerjasama dengan saya. Sudah lama tapi jika yang musiman jual ke saya engga berani langsung saya terima kan kasihan yang sudah tetap menjadi langganan saya," ungkapnya.
Secara terpisah, H.Okih petani sekaligus pedagang pisang menyampaikan dirinya siasati perihal tersebut dengan menjual langsung ke pengecer di kios milik nya yang tepat di jalan utama menuju ke areal wisata Curug Cigeuntis. Dirinya akui dagangan nya bisa terjual hampir 50 Persen dari hasil tani pisang yang di dapatkan nya. "Kalau saya tidak jual langsung waduh saya pasti kesulitan seperti yang lainnya. Kalau menurut saya petani yang lain pun bisa seperti saya asal mau jalan dan capek sedikit daripada pisang yang sudah di panen tidak laku di pasaran. Itu semua demi meregulasi hasil kita supaya bisa dimanfaatkan kembali untuk produksi pisang di bulan selanjutnya," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template