Guru Sejarah SMA di Karawang Kunjungan ke Jakarta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Guru Sejarah SMA di Karawang Kunjungan ke Jakarta

Guru Sejarah SMA di Karawang Kunjungan ke Jakarta

Written By Mang Raka on Rabu, 30 November 2016 | 14.30.00

LEMAHABANG, RAKA- Bertajuk "Krawang-Djakarta 2016" Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sejarah (MGMP) sejarah SMA di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemudan & Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, melaksanakan program kunjungan sejarah Selasa (29/11). Selain diisi dengan kegiatan diskusi sejarah, 42 Guru sejarah SMA se Karawang itu juga melakukan kunjungan ke Museum di Jakarta.
Ateng Rasihudin, Ketua MGMP Sejarah mengatakan, kegiatan kunjungan sejarah ini merupakan program kerja dari MGMP sejarah. Tahun ini sebut Ateng, program MGMP Sejarah ini bertajuk 'Krawang-Djakarta 2016" yang dimaksudkan dalam rangka peningkatan kualitas dan mutu guru sejarah di semua SMA di Karawang. Karena isinya sebut Ateng, selain kunjungan museum guiding dari komunitas historia Indonesia, juga difokukan dalam diskusi sejarah Program studi Sejarah Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). "Sebagai upaya peningkatan kualitas dan mutu guru sejarah, kali ini MPGP programkan kunjungan sejarah bertajuk 'Krawang-Djakarta'" kata dia.
Salah seorang peserta kunjungan sejarah, Agus setiawan, M.Pd yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, kunjungan ini merupakan program tahunan MGMP sejarah SMA untuk peningkatan kompetensi dan kualitas guru sejarah. Diharapkan kerjasama dengan pihak kampus bisa terus terjalin dengan baik. Memahami dan mengaplikasikan ilmu dan sejarah yang ditemui secara langsung untuk kemudian diteruskan kepada siswa-siswa di sekolah. "Diharapkan ada kerjasama yang baik dan berkelanjutan dengan pihak kampus, utamanya pendalaman diskusi-diskusi sejarah bersama MPGP Sejarah ini," kata Pembina MPGP Sejarah UNJ ini.
Koordinator Program Studi Sejarah, Dr. Abdul syukur, M.Hum mengatakan,  dirinya sangat mengapresiasi kehadiran MGMP sejarah SMA di UNJ. Kedepan, pihaknya akan terus menjalin kerjasama dalam peningkatan layanan dan pengabdian kampus dalam menjalankan Tridharma perguruan tinggi. Diskusi ini sebut Syukur, sangat bermanfaat dimana arsip sebagai sumber sejarah dan penelusuran arsip-arsip bersejarah untuk pengembangan sejarah di berbagai lembaga pendidikan. Semoga saja, kerjasama ini bisa terus terjalin dengan baik. "Kita akan terus menjalin kerjasama dalam peningkatan layanan dan pengabdian kampus dalam menjalankan Tridharma perguruan tinggi," kata dia. (rud)

Agenda Kunjungan Sejarah MPGP Sejarah SMA :

1. Diskusi Sejarah:

-Arsip sebagai sumber sejarah
-Penelusuran arsip di Arsip Nasional Republik Indonesia.

2. Kunjungan museum:
-Tugu proklamasi
-Museum perumusan naskah proklamasi
-Kawasan kota tua
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template