Guru Honor Tuntut Gaji Setara UMK - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Guru Honor Tuntut Gaji Setara UMK

Guru Honor Tuntut Gaji Setara UMK

Written By Mang Raka on Rabu, 09 November 2016 | 17.36.00

KARAWANG, RAKA - Merasa aspirasinya tidak direspon oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu, ribuan guru honorer akan mengadu ke Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, tanggal 10 November bertepatan dengan Hari Pahlawan.
"Kami akan menyampaikan hasil kongres ke Bupati Karawang," ujar Ketua PGRI Kabupaten Karawang Nandang Mulyana kepada wartawan, Selasa(8/11) kemarin.
Nandang mengatakan, pihaknya akan mendorong Cellica agar mau mengatur gaji guru sesuai dengan upah minimum kabupaten (UMK).
"Sesuai dengan keputusan kongres di Jakarta. Harus ada kepres (keputusan presiden) yang mengatur soal kesejahteraan guru sesuai UMK masing-masing," ujarnya.
Dalam rekomendasi tersebut, Nandang menjelaskan pemerintah dari pusat hingga daerah harus urunan memberikan gaji sesuai UMK. "Dari pemerintah pusat 50 persen lalu dari pemerintah provinsi 25 persen, sedangkan dari pemerintah daerah 25 persen," kata dia.
Dorongan tersebut diharapkan mampu pemerintah realisasikan tahun 2017. Dia menyebutkan upaya serupa pun saat ini tengah dilakukan seluruh PGRI di Indonesia. Dirinya berharap upaya kesejahteraan guru dapat dilakukan dengan cepat oleh pemerintah, untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas. "Kasian sekali, masih ada kawan-kawan kami yang sudah mengabdi selama puluhan tahun tetapi mereka belum mendapatkan hak kesejahteraannya," jelasnya.
Saat ini terhitung hanya sekitar 8.500 guru yang telah diterima PNS, sementara sekitar 18 ribu guru masih menjadi honorer. (ops)


Beda Guru PNS dengan Honorer

Tugas
Guru PNS
Memiliki tugas mengajar yang spesifik sesuai SK yang diterimanya

Guru Honorer
Guru honorer fleksibel, seringkali merangkap karena harus mengganti tugas ngajar guru-guru PNS yang berhalangan


Sistem Gaji

Guru PNS
Memiliki gaji (berikut tunjangan-tunjangan) tetap dari pemerintah yang setiap tahun cenderung naik plus gaji ke 13, yang tidak ada pada guru honorer. Belum lagi ada uang kesejahteraan yang diberikan dari sekolah.

Guru Honorer
Hanya digaji dari sekolah yang nilainya terkadang fluktuatif, dan harus menyesuaikan dengan anggaran dan pendapatan sekolah.

Jaminan Masa Tugas

Guru PNS
Tidak ada kata PHK. Jika tidak tersangkut masalah-masalah berat, guru PNS dapat bertugas sampai pensiun

Guru Honorer
Tidak memiliki jaminan untuk terus bertahan di sebuah sekolah. Jika sekolah mengalami masalah keuangan atau terlalu vokal terhadap sekolah, sewaktu-waktu guru honorer harus siap dipaksa berpamitan dari tugasnya

Upah
Guru PNS
Golongan IIIa Rp 2,5 juta belum termasuk tunjangan
Golongan IVa Rp 4,7 juta belum termasuk tunjangan

Guru Honorer
Rp 250 ribu per bulan






UMK Karawang
Tahun 2016
Rp 3,3 juta
Usulan Tahun 2017
Rp 3,6 juta
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template