Guru Belum Juga Sejahtera - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Guru Belum Juga Sejahtera

Guru Belum Juga Sejahtera

Written By Mang Raka on Kamis, 24 November 2016 | 14.00.00

-Honorer Masih Dianaktirikan

TELAGASARI, RAKA - Masih banyak pekerjaan rumah yang belum diselesaikan menyongsong hari guru ke 71. Terutama soal nasib guru honorer berkategori maupun non kategori yang tak kunjung diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Apalagi jumlah guru PNS tiap tahun, tak sebanding dengan kebutuhan jumlah lembaga pendidikan yang ada.
Dikatakan Kepala UPTD PAUD/SD Telagasari, Drs Kalam Sukamwijaya, PR besar setiap momen hari guru adalah soal kesejahteraan guru dan status para honorer. Dirinya mempertanyakan, alasan pemerintah menunda-nunda status honorer sebagai PNS sampai saat ini. Apalagi jika dibandingkan dengan jumlah lembaga pendidikan yang ada. Di Telagasari saja misalnya, asumsi kebutuhan PNS seharusnya mencapai 300 guru. Namun saat ini hanya 138 saja, apalagi jika perbandingannya disamaratakan dengan jumlah murid di setiap kelasnya. Sudah berapa kekurangannya? padahal baik PNS maupun non PNS memiliki beban kerja yang sama bahkan dalam aplikasi diakui Kalam, lebih rajin guru-guru honorer. "Belum sebanding antara jumlah guru dengan jumlah lembaga pendidikan yang ada, ini saya kira menjadi PR bersama di hari Guru," jelas dia.
Lebih jauh mantan Kepala UPTD PAUD/SD Kecamatan Pangkalan menambahkan, jika alasan keterbatasan anggaran untuk membiayai pengangkatan status menjadi PNS sebagai dalih pemerintah, Kalam menilai alasan ini tidak logis. Sebab, di mata anggaran sudah diposkan sejak lama. Bahwa posturnya 20 persen APBN dikhususkan untuk pendidikan. Karenanya, di tengah maraknya PNS yang pensiun, kebutuhan guru PNS ini juga semakin mendesak. Di Telagasari saja sebutnya, untuk yang K2 tingkat SD berjumlah 17 orang, SMP 10 orang, dan SMA 6 orang. Mereka semua sangat berharap diangkat tahun depan meskipun sering dibenturkan kendala usia dan ijazah. Padahal masa kerjanya sebagai guru sudah lama. Begitupun dengan honorer non kategori, di jalur ini semoga saja pemerintah cepat mengangkat lewat jalur umum. "Semoga saja ada pengangkatan segera karena jumlah PNS yang pensiun ini semakin banyak, kalau bukan honorer penggantinya siapa lagi?" jelas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template