Eskul Kasidah SMP Tunas Utama Siap Bersaing - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Eskul Kasidah SMP Tunas Utama Siap Bersaing

Eskul Kasidah SMP Tunas Utama Siap Bersaing

Written By Mang Raka on Sabtu, 12 November 2016 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Ekstra kurikuler (ekskul) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tunas Utama, di Jalan Suhud Hidayat, Gorowong, Kelurahan Adiarsa Timur, Kecamatan Karawang Timur, meningkatkan kualitasnya untuk bisa bersaing dengan ekskul-ekskul dari sekolah lain. Hanya saja, untuk itu, sekolah ini lebih menekankan terhadap ekskul kasidahan.

Seperti diutarakan Kepala sekolah, Yudi Wahyudi M.Pd, kasidah adalah seni suara yang bernapaskan Islam, dimana lagu-lagunya banyak mengandung unsur-unsur dakwah Islamiyah dan nasihat-nasihat baik sesuai ajaran Islam. "Saya ingin anak-anak bisa pentas diacara perlombaan, sampai sekarang belum ada info untuk perlombaan kasidah," ucapnya kepada Radar Karawang, Jumat (11/11).
Ia juga mengatakan, selama ini yang sering dilakukan hanya pentas dalam acara sekolah atau hari-hari besar seperti maulid nabi dan hajatan, dengan jumlah peserta didik yang ada sebanyak dua belas orang, sekolah SMP Tunas Utama Karawang siap untuk menunjukan pestasi dan bakat untuk bersaing dalam acara besar. "Saya berharap agar anak-anak bisa menyalurkan minat dan bakatnya, melalui ekskul kasidahan, karena eskul ini berkebudayaan Islam supaya bisa lebih dipertahankan," ucapnya.
Sementara menurut Reni Rohaini (14) vokalis, biasanya lagu-lagu kasidah itu, dinyanyikan dengan irama penuh kegembiraan yang hampir menyerupai irama-irama Timur Tengah dengan diiringi rebana, yaitu sejenis alat tradisional yang terbuat dari kayu, dibuat dalam bentuk lingkaran yang dilobangi pada bagian tengahnya kemudian di tempat yang dilobangi itu di tempel kulit binatang yang telah dibersihkan bulu-bulunya. "Karena suka dengan musik, dan senang bersalawat jadi ikut estrakurikuler kasidah," ucapnya.
Menurutnya, dengan bermain musik kasidahan lebih mengenal bahwa alunan salawat atau lirik-lirik ke Islaman tidak kalah dengan lagu-lagu yang lain dalam segi, isi kandungan liriknya, nada, serta yang lainnya. "Saya berharap bisa berlomba di acara yang besar, dengan rasa optimis untuk berkompetisi disetiap audisi," ucapnya. (mg2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template