Digebrak Honorer K2 Langsung Ciut - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Digebrak Honorer K2 Langsung Ciut

Digebrak Honorer K2 Langsung Ciut

Written By Mang Raka on Rabu, 30 November 2016 | 18.43.00

-Pemkab Karawang Janji Kucurkan Rp 42 Miliar

KARAWANG, RAKA - Rencana aksi menuntut realisasi kesejahteraan honorer kategori dua (K2) pada 30 November sampai 2 Desember batal digelar. Hasil rapat antara Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Dadan Sugardan, dan pejabat terkait memutuskan siap mengalokasikan anggaran Rp 42 miliar untuk gaji honorer.
Ketua FHK2I Kecamatan Tempuran, Ruslan Abdul Gani menuturkan, demo diurungkan karena rapat bersama memutuskan tuntutan gaji honorer dikabulkan. "Kesejahteraan per individu memang belum ditetapkan besarannya. Namun pemkab sudah komitmen menyiapkan anggaran Rp 42 miliar. Rinciannya Rp 20 miliar untuk K2 dan Rp 22 miliar untuk non kategori di berbagai instansi dan OPD pemerintah," ungkapnya kepada Radar Karawang, Selasa (29/11) kemarin.
Ia melanjutkan, besaran honor para honorer akan disesuaikan berdasarkan lama masa kerja. "Ini bisa memberi rasa keadilan yang diharapkan. Tidak memberi harapan palsu soal kesejahteraan. Alhamdulillah, demonya kita batal," ujar mantan Ketua Forum Tenaga Honorer Nasional Indonesia (FTHNI) Karawang ini.
Ketua FHK2I Karawang, Gojali mengatakan, demo honorer batal digelar, setelah pemkab menyiapkan anggaran kesejahteraan Rp 42 miliar. Sedangkan pengaturan alokasi dananya oleh dinas yang menaungi para honorer. "Kita akan kawal ini. Jika masih harapan palsu, demo dan mogok ngajar masih akan digelar," tuturnya.
Ketua PGRI Karawang Nandang Mulyana mengaku, secara teknis besaran nominal kesejahteraan K2 sedang dibicarakan antara PGRI, Disdikpora dengan Forum Honorer K2. "Tapi pada intinya sudah clear," ujarnya.
Sedangkan jumlah gaji yang akan diterima per honorer, kata Nandang teknisnya masih digodok karena harus menyesuaikan lama masa kerja. "Saya pastikan tidak ada demo dan mogok ngajar, intinya sudah clear," ungkapnya.
Sebelumnya, FHK2I mengancam akan mengerahkan ribuan K2 pada 30 November sampai 2 Desember, menuntut kesejahteraan setara UMK.
Ketua FHK2I Kecamatan Telagasari, Eneng Lindawati S.Pd mengatakan, Bupati Cellica sudah melenceng dari komitmen awal, yang kabarnya siap anggarkan Rp 25 miliar untuk kesejahteraan para guru honorer K2 di lingkungan Disdikpora. "Dikira kita sudah tenang tinggal pemberkasan, karena tuntutan ke provinsi dan kabupaten sudah selesai. Ternyata ciut di pemkab. Jelas ini menyalahi komitmen awal," ujarnya.
Kepala UPTD PAUD/SD Kecamatan Telagasari, H Kalam Sukamwijaya mengapresiasi kekompakan para honorer K2. Karena ditengah minimnya tenaga pendidik berstatus PNS, para honorer K2 sangat semangat mengajar. "Bisa dibayangkan jika dunia pendidikan tanpa para K2," tuturnya.
Wakil Bupati Karawang Ahmad 'Jimmy' Zamaksyari mengatakan, sangat naif jika K2 masih menerima honor Rp 200 ribu per bulan. Namun, Jimmy juga meminta agar para honorer tidak melakukan unjuk rasa, karena informasi yang diperolehnya bupati dan kepala Disdikpora akan menaikan honor para honorer tahun 2017. "Kemarin sama ibu (Cellica) dan kepala dinas (Disdikpora) dikatakan bakal ada kenaikan tahun 2017 kok, 100 persen. Kalau bisa jangan demo dulu," sarannya. (rud)

Hasil Rapat PGRI, Disdikpora, BKD dan Forum Honorer

-Pemkab Karawang menyiapkan anggaran untuk gaji honorer Rp 42 miliar
 Rincian
 Rp 20 miliar untuk honorer K2
 Rp 22 miliar untuk honorer non kategori
-Besaran gaji disesuaikan berdasarkan masa kerja


Jumlah Honorer
SD/SMP
13 ribu guru
PAUD
7 ribu guru

Berbagi Artikel :

2 komentar:

  1. pemerintah ribut ngurusih gaji honorer, taunya yang ngehonor bukan orang karawang, kan sebel gue

    BalasHapus
  2. Semenjak kpn emg pemerintah ribut ngurusin yg honor?? Bknnya yg di pabrik yg byk protes n pendatang semua??

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template