Desa Kalijati Jadi Kampung KB - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Kalijati Jadi Kampung KB

Desa Kalijati Jadi Kampung KB

Written By Mang Raka on Senin, 28 November 2016 | 19.55.00

JATISARI, RAKA - Desa Kalijati, Kecamatan Jatisari, resmi menyandang predikat Kampung Keluarga Berencana (KB). Pasalnya, sekitar 70 persen warganya sudah mengikuti program KB.
Kegiatan sosialisasi Kampung KB yang bertempat di Desa Kalijati, itu dihadiri oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat, KBPP Kabupaten Karawang, Wakil Ketua DPRD Karawang Sri Agustina yang mewakili Ketua DPR RI Ade Komarudin dan beberapa Staf Ahli DPR RI. "Jadi, kami ditunjuk untuk menjadi kampung KB. Karena memang mayoritas warga kami tahun 2016 ini sudah mengikuti program KB. Kalau di prosentasikan sekitar 70 persen yang sudah ikut program KB," ujar Kepala Desa Kalijati Deni Supriatna, SE kepada Radar Karawang, Sabtu (26/11).
Dia menyampaikan, 70 persen itu terhitung dari jumlah peserta KB yang mencapai 1.483 jiwa, bukan peserta 357 jiwa. Sedangkan jumlah KK di Desa Kalijati sebanyak 1.393 KK. Sedangkan yang tidak mengikuti program KB hanya 17 persen, dan warga yang diam dalam artian abu-abu itu sekitar 23 persen. "Intinya harapan yang ingin dicapai adalah, warga masyarakat desa bisa lebih memahami tentang KB, berdasarkan UU No 52 tahun 2009 tentang Kependudukan dan KB," ujarnya.
Wakil Ketua DPRD Karawang, Sri Rahayu menyampaikan, kampung KB merupakan program Nawacita yang digulirkan oleh Presiden Jokowi, untuk membangun negara dengan memprioritaskan masyarakat yang berada di pinggiran atau pedesaan. "Progam Desa KB ini merupakan salah satu program Nawacita Pak Jokowi, yang di dukung oleh pak Ade Komarudin sebagai Ketua DPR RI," ujarnya.
Menurut Kabid KBPP Karawang, Endang Samsul Bahri, sekitar 73,40 persen Pasangan Usia Subur (PUS) di Karawang telah menjadi akseptor aktif KB, yang jumlahnya mencapai lebih dari 543.000. "Dengan adanya Desa Kalijati menyandang predikat Desa KB, maka ada kewajiban pemerintahan desa untuk terus menyosialisasi ke tingkat kedusunan. Agar program ini terus berjalan, sekaligus melakukan pendataan terkait keluarga sasaran," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template