Data Warga Miskin Berbasis Online - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Data Warga Miskin Berbasis Online

Data Warga Miskin Berbasis Online

Written By Mang Raka on Senin, 07 November 2016 | 12.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Bantuan untuk orang miskin yang sudah berjalan beberapa tahun ini, kerap salah sasaran. Banyak warga yang dianggap mampu juga mendapatkan bantuan tersebut.
Agar persoalan itu tidak lagi terjadi, Kementerian Sosial (Kemensos) melakukan bimbingan teknis kepada para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan organisasi sosial, untuk melakukan pendataan warga yang masuk dalam kategori tidak mampu, dan warga yang digarap oleh Kementerian Sosial secara online.
"Sekarang ada Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk Perlindungan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan. Jadi warga data diinput secara online," ujar Ketua IPSM Kabupaten Karawang H Dedi Sumarya kepada Radar Karawang, Minggu (6/11).
Ia melanjutkan, TKSK, PSM dan Orsos yang dilatih oleh Kemensos itu disebut dengan fasilitator. Sedangkan fasilitas yang diberikan dari Kemensos adalah berupa tablet, yang didalamnya sudah terdapat aplikasi (SLRT), untuk tahap awal 50 fasilitator. "Tapi nanti semua desa sebanyak 309 desa akan ada fasilitator. Kemudian di tingkat Kecamatan sebanyak 30 orang akan dijadikan supervisor, dan di kabupaten dari Dinsos jadi manajer," paparnya.
Dengan demikian, proses pendataan akan berlangsung dengan baik. Dan tidak ada lagi data manual. Semuanya berbasis aplikasi. "Kami dikasih data dari Dinsos yang bersumber dari BPS. Sehingga nanti akan ada data terpadu dan tidak ada kekeliruan," jelasnya.
Dia juga menyampaikan, saat ada pembaharuan data seperti contohnya ada warga miskin yang pindah tempat tinggal. Maka akan diperbaharui datanya secara langsung. "Ini tentu dalam rangka memperbaiki data pemerintahan. Agar kedepan tidak ada program yang tidak tepat sasaran," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template