Dana CSR Belum Mampu Bangun Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Dana CSR Belum Mampu Bangun Desa

Dana CSR Belum Mampu Bangun Desa

Written By Mang Raka on Rabu, 30 November 2016 | 13.00.00

PROGRAM Corporate Social Responsibility (CSR) di Kecamatan Ciampel ternyata masih belum optimal untuk mensejahterahkan warga melalui pembangunan. Padahal kecamatan itu termasuk wilayah kawasan industri.

Selama ini, program CSR yang semestinya berperan dalam membantu berbagai persoalan masyarakat ada diwilayah tersebut, masih belum dapat berjalan dengan baik. Sehingga desakan warga diwilayah tersebut diharapkan dapat dijalankannya program CSR oleh perusahaan yang ada di Kawasan yang masuk diwilayahnya. "Betul CSR perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Ciampel, belum optimal. Padahal, wilayah kecamatan ini ada 3 Kawasan, yaitu Suryacipta, KIM dan  KIIC Walaupun kebagian belakangnya. Tapi selama ini masih belum dirasakan warga diwilayah ini bantuan CSR yang dilakukan perusahaan yang ada di kawasan ini," terang Cep Elih Tokoh Masyarakat Dusun Sirmagalih, Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel..
Dia menambahkan, berdasarkan perhitungannya seluruh perusahaan yang berada di kawasan tersebut berjumlah 100 perusahaan. Akan tetapi dampak keberadaan perusahaan tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada diwilayah Kecamatan Ciampel, masih dinilai jauh dari harapan. Seharusnya, keberadaan perusahaan tersebut dapat menjadi upaya dalam meningkatkan taraf perekonomian diwilayahnya. Ditambah Zona Berikat Peeruri, Pindodeli, R-Pati, R-PL, HK-Pati, MPS, Kaisar, ADW, Decon, Hebel, Merak Beton dan lainnya. Kalau dijumlahkan perusahaannya itu lebih dari 100, namun apa pembangunan atau kesejahteraan terasa di wilayah ini, silahkan lihat kelapangan jauh dari harapan. Padahal keberadaan perusahaan seharusnya bisa tanggung jawab untuk memajukan lingkungan sekitar mereka.
Seharusnya setiap tahun program CSR yang dilakukan perusahaan yang berada diwilayah tersebut dapat dirasakan masyrakat yang ada diwilayahnya. Namun, hingga saat ini masih belum ada satu pun perusahaan yang melakukannya. "Masyarakat dilingkungan ini, yang ada disekitar kawasan itu masih jauh dari kata sejahtera merasakan CSR dari Perusahaan, contohnya Desa Parungmulya yang mempunyai satu Kawasan full yaitu kawasan KIM, KIIC (Walaupun bagian Belakang) ditambah Zona ada PERURI dan Pabrik-pabik lainnya, tapi mana Perhatian perusahaan sampai saat ini, masih belum dirasakan warganya," ucapnya.
Sehingga, dia menegaskan, jika ini terus dibiarkan dan tidak adanya perhatian perusahaan untuk dapat menjalankan CSR nya, maka dikwatirkan akan menjadi bumerang nantinya. "Ini bukan sebuah ancaman bagi perusahaan, tapi bisa menjadi bom waktu bagi perusahaan yang tidak peduli terhadap lingkungan masyarakat, dipastikan akan bergerak dan menuntut hak terhadap perusahaan yg tidak peduli terhadap lingkungannya," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template