Cilamaya Kulon Baru Pasang Papan Pelayanan Gratis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cilamaya Kulon Baru Pasang Papan Pelayanan Gratis

Cilamaya Kulon Baru Pasang Papan Pelayanan Gratis

Written By Mang Raka on Selasa, 01 November 2016 | 11.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Dibanding kantor kecamatan lainnya, komitmen untuk menciptakan pelayanan yang nyaman dan bebas biaya bagi masyarakat, Cilamaya Kulon sudah memasang sejumlah tulisan penegasan bahw apelayanan kebutuhan masyarakat gratis. Tulisan 'pelayanan gratis' disetiap sudut ruangan kasie dan paten ini dipasang langsung oleh camat di berbagai sudut ruangan. Meskipun dianggap hal sepele, namun penandaan tulisan tersebut menjadi acuan masyarakat bahwa segenap pelayanan di tingkat kecamatan sudah bebas biaya alias anti pungli.
Camat Cilamaya Kulon, Dida Rayendra Safirman mengatakan, arahan bupati dan pemerintah pusat sudah jelas dari dulu bahwa pelayanan yang urusannya dengan kepentingan masyarakat adalah gratis. Pihaknya, buat kebijakan pemasangan tulisan 'pelayanan gratis' di setiap sudut ruangan, hanya sebatas penegasan saja bahwa mengurus dokumen kependudukan, sosial, keagamaan dan lainnya bebas pungutan.
Sikap berani yang diambilnya itu semata sebut Camat, untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat agar tidak resah saat mengurus keperluannya dikantor Kecamatan, seperti e KTP, KK, kartu kuning dan lainnya. Karena, para petugasnya sudah mendapatkan honor khusus Pelayanan Terpadu (Paten). "Bupati memang sudah beri arahan jauh-jauh hari, tapi kita ingin disimbolkan saja melalui tulisan saja biar masyarakat lebih nyaman, walaupun dengan media apa adanya," kata dia.
Camat menambahkan, apa yang sudah dilakukan kecamatan, pihaknya juga memberikan imbauan agar kiranya pemerintah desa juga sama memasang tulisan pelayanan gratis. Namun, karena budaya orang timur yang khas, kadang-kadang ada saja masyarakat yang memilih menitipkan urusannya ke pegawai desa karena enggan mengurus sendiri sampai akhirnya memberikan transport atau uang rokok alakadarnya.
Terlepas hal itu semua, ia harapkan, kantor kecamatan dan desa harus memberikan kenyamanan bagi masyarakat, lebih-lebih pegawainya supaya tambah betah ngantor karena menganggap kantor seperti rumah sendiri. Tak heran, ia berkomitmen selama menjabat camat di Cilamaya Kulon, terus mendorong sarana prasarana kantor, baik urusan Paten, pertamanan, kantin kantor dan lainnya. "Saya imbau juga agar desa melakukan hal yang sama untuk pasang pelayanan gratis," ajak dia.
Kondisi kantor yang teratur meskipun berukuran kecil sebut Dida, adalah peningkatan perubahan karakter para pegawai dan harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama. Jangan menjadikan kantor sebagai sarana mencari keuntungan pribadi, tapi jadikanlah rumah yang dirawat, ditata dan disiplin agar setiap pengunjung layanannya sama-sama betah dan terlayani optimal. "Yang penting itu tingkatkan perubahan karakter dan buang kebiasaan lama," ajak dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template