Cikampek Butuh Ruang Terbuka Hijau - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cikampek Butuh Ruang Terbuka Hijau

Cikampek Butuh Ruang Terbuka Hijau

Written By Mang Raka on Kamis, 24 November 2016 | 15.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Kecamatan Cikampek lambat laun tumbuh menjadi daerah padat penduduk, dengan karakteristik masyarakat yang beragam. Meski begitu, perhatian Pemerintah Kabupaten Karawang masih menyepelekan keberadaan ruang terbuka hijau.
Tokoh masyarakat Cikampek, Yusuf Nurwenda mengatakan, selama ini yang terus digembar-gemborkan menjadi program pemerintah kaitan dengan infrastruktur, sampah, banjir, lingkungan kumuh, angkatan kerja, kriminalitas, kemacetan lalu lintas, serta masalah sosial lainnya. Meski realisasinya masih sangat jauh dari harapan masyarakat. "Pembangunan ruang terbuka hijau atau dalam bentuk yang lebih spesifik seperti taman kota, taman kecamatan, hutan kota, hutan lindung, balai rakyat, sarana olah raga massal atau penataan pemakaman umum, itu sangat penting bagi masyarakat," paparnya kepada Radar Karawang, Rabu (23/11) kemarin.
Ia melanjutkan, itu semua sering diabaikan atau tidak menjadi utama karena dianggap belum mendesak, dibanding pembangunan sektor lainnya. Padahal di setiap kecamatan diperlukan ruang terbuka hijau. "Pembangunan itu sifatnya harus menyeluruh. Ini penting agar kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah tinggi," ujarnya.
Sekretaris Camat Cikampek, Purwadi juga menyampaikan, kebutuhan ruang terbuka hijau dalam suatu wilayah menurut UU No 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang adalah 30% dari luas wilayah. Tapi sangat sedikit daerah yang benar-benar bisa menerapkan aturan ini, mungkin hanya di wilayah yang memiliki lahan yang relatif luas saja, yang bisa mencapai 30 persen ruang terbuka hijaunya. "Jika melihat ke UU No 26 tahun 2007, Kecamatan Cikampek perlu lahan ruang terbuka hijau. Untuk keperluan paru-paru kota, sehingga ruang terbuka hijau itu akan bermanfaat untuk menghirup oksigen yang bersih bebas dari polusi," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template