Cibendo Pesaing Tanjungbaru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cibendo Pesaing Tanjungbaru

Cibendo Pesaing Tanjungbaru

Written By Mang Raka on Selasa, 01 November 2016 | 15.00.00

SELAIN merupakan wisata yang murah meriah, Pantai Cibendo yang berada di Desa Ciparageya, Kecamatan Tempuran ini ternyata masih satu hamparan dengan Pantai Tanjungbaru yang eksotis. Pantai Cibendo masih menyajikan pemandangan alami khas Karawang.
Pantai yang memiliki panjang hingga mencapai 2 kilometer ini menyanjikan aroma khas warung ikan bakar yang menghampar di sepanjang pantai tersebut. Pengunjung pun dimanjakan dengan hangatnya air laut untuk berenang dan mencari kumang (kolomang) atau menumpang perahu wisata untuk mengunjungi pulau karang yang letaknya berjarak sekitar 25 KM dari bibir pantai.
Para pengunjung dapat membeli oleh-oleh berupa ikan segar, udang, cumi dan sejenis di Tempat Pelelangan Ikan Ciparage yang letaknya tidak jauh dari pantai ini.
Menurut cerita masyarakat setempat, nama Cibendo sendiri berasal dari nama seorang penjaga atau centeng yang dulu menjaga empang atau tambak Udang Bago (sejenis udang windu) milik orang-orang Cina. Karena terjadinya abrasi, maka empang-empang itu pun menyatu dengan laut dan menjadi pantai, alhasil nama sang centeng pun dijadikan nama pantai yang jaraknya sekitar 50 Km dari pusat Karawang Kota ini.
Sepanjang pantai ini terutama pada musim liburan seperti lebaran berderet warung-warung permanen yang sebagian dikelola Warga Ciparage dan sebagiannya lagi warga desa lainnya yang masih dari Kecamatan Tempuran. Untuk masuk ke pantai itu pengunjung dikenakan biaya Rp 5000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 bagi mobil keluarga dan Rp 20.000 untuk pikup.
Pantai Cibendo ramainya baru tiga tahun terakhir dan hadir sebagai pesaing Pantai Tanjungbaru yang sudah terkenal lebih dulu. Primadona masyarakat Cilamaya ini bisa dibilang pelarian wisatawan yang sudah bosan dengan pantai disampingnya yakni Pantai Tanjungbaru. Namun, walaupun terkesan sebagai objek baru, sebenarnya pantai cibendo ini bisa dikatakan lebih tua dari pantai Tanjung baru yang baru dibuka diawal 2000-an. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template